Selama Bulan Ramadan, KAI Izinkan Pengguna LRT Buka Puasa dalam Perjalanan

Selasa, 12 Maret 2024 | 14:58 WIB   Reporter: Leni Wandira
Selama Bulan Ramadan, KAI Izinkan Pengguna LRT Buka Puasa dalam Perjalanan

ILUSTRASI. Peluang perkantoran di Jalur LRT: Gerbing kereta LRT Jabodebek melintas di kawasan CBD Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023). Konsultan properti menilai terdapat sejumlah peluang bagi penyewa gedung perkantoran di sepanjang LRT Jabodebek karena harganya kompetitif. KONTAN/Baihaki/25/10/2023


LRT - JAKARTA. PT KAI memberlakukan aturan khusus bagi para pengguna LRT Jabodebek pada bulan Ramadan. 

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menegaskan bahwa pengguna dapat membatalkan puasanya selama perjalanan.

“Pemberlakuan aturan ini merupakan bentuk toleransi kepada pengguna jasa LRT Jabodebek yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan," kata Mahendro dalam keterangan resminya, Selasa (12/3).

Baca Juga: KAI Tambah 344 Perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk Angkutan Lebaran

Asalkan penumpang berbuka dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa di dalam rangkaian LRT Jabodebek pada waktu berbuka puasa.

"Agar pengguna dapat leluasa berbuka di tengah perjalanannya menggunakan LRT Jabodebek. Pengguna diperbolehkan makan dan minum mulai waktu berbuka puasa hingga satu jam setelah berbuka puasa," sambungnya.

Bersamaan dengan pemberlakuan aturan ini, petugas yang bertugas di dalam rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun turut berperan aktif memberikan informasi kepada para pengguna bila waktu berbuka puasa telah tiba. 

Baca Juga: Beroperasi 6 Bulan Lebih, LRT Jabodebek Sudah Layani 7 Juta Pengguna

KAI juga mengimbau agar pengguna tetap menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan perjalanan LRT Jabodebek dan pengguna lainnya dengan menghindari makanan yang berbau menyengat.

"Selain itu, juga makanan berat terutama saat waktu berbuka tiba, serta menyimpan dan membuang sampah bekas makanannya sampai stasiun tujuan," tegasnya.

Tidak ketinggalan, pada bulan Ramadan kali ini KAI juga akan membagikan takjil gratis di beberapa stasiun LRT Jabodebek secara bergantian pada tanggal 15, 19 dan 22 Maret 2024. 

KAI juga menyediakan fasilitas air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna di 18 stasiun LRT Jabodebek.

Baca Juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek Terintegrasi Jalan Layang MBZ Pangkas 60% Waktu Perjalanan

Untuk diketahui, selama bulan Ramadan waktu layanan operasional LRT Jabodebek tetap berjalan normal. 

KAI mengoperasikan 308 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) dan 260 perjalanan pada akhir pekan (weekend), cuti bersama, serta hari libur nasional. 

Sepanjang bulan Maret, LRT Jabodebek telah melayani 484.480 pengguna, dengan rata-rata harian sebanyak 44 ribu pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru