Selama Misa Natal 2022, Polisi, TNI, hingga Banser NU Jaga Ketat Gereja Katedral

Minggu, 25 Desember 2022 | 19:11 WIB Sumber: Kompas.com
Selama Misa Natal 2022, Polisi, TNI, hingga Banser NU Jaga Ketat Gereja Katedral

ILUSTRASI. PENGAMANAN GEREJA KATEDRAL. Personel kepolisian berjaga di pintu masuk Gereja Katedral,


NATAL - JAKARTA. Aparat kepolisian, Banser Nahdlatul Ulama (NU), TNI, dan Satpol PP menjaga ketat prosesi Misa Natal 2022 di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022).

Pantauan Kompas.com di lokasi, petugas berdiri di tiap-tiap pintu masuk dan keluar gereja. Mereka tampak mengamankan situasi selama Misa Natal 2022 digelar di gereja tersebut sejak pukul 08.30 WIB.

Baca Juga: Kunjungi Gereja di Kota Bogor, Presiden Ucapkan Selamat Natal bagi Umat Kristiani

Kapolsek Sawah Besar AKP Patar Mula Bona mengatakan, total ada 153 personel dari Polsek Sawah Besar dan tambahan personel TNI, Sabhara, Brimob, serta Satpol PP yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan tersebut.

"Pos pengamanan ini sudah dari H-7 berdiri sampai nanti pada saat perayaan tahun baru," kata Bona saat ditemui Kompas.com di pos pengamanan Natal dan tahun baru, Minggu.

Petugas, lanjut dia, akan selalu mendampingi sekuriti Gereja Katedral Jakarta hingga Misa sesi tiga. Mereka bakal mengecek setiap jemaat yang hadir serta barang-barang yang dibawanya.

Pintu keluar-masuk jemaat pun dibedakan untuk mencegah adanya penumpukan orang. "Pintu masuk hanya satu pintu yakni pintu 3 dan pintu 5, agar pada saat proses di sesi Misa pertama tidak menimbulkan crowded dengan sesi berikutnya," ucap Bona.

Adapun sebelumnya, pada Misa malam 24 Desember 2022, polisi juga telah menerjunkan anjing pelacak dan penjinak bom (jibom) untuk mensterilkan area Gereja Katedral Jakarta. Hal itu, menurut Bona, merupakan prosedur operasional standar atau SOP selama hari raya.

Baca Juga: Gereja Katedral Jakarta Siapkan 5 Kantong Parkir bagi Jamaat Misa Natal

"Seperti kemarin, misalnya, Misa pertama jam 16.30 WIB jadi kami jam 13.00 WIB menurunkan Jibom dan unit K-9 di dalam area gedung gereja maupun di sekitar gereja diserahkan kepada kami," jelas Bona.

Sejauh ini, Misa Natal 2022 sesi dua untuk anak-anak dan keluarga telah selesai digelar. Di sesi ketiga nanti, Misa akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB secara offline dan online.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi, TNI, hingga Banser NU Jaga Ketat Gereja Katedral Jakarta Selama Misa Natal 2022"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru