Seluruh penghuni apartemen di Jakarta akan didata

Kamis, 21 Mei 2015 | 20:50 WIB Sumber: Kompas.com
Seluruh penghuni apartemen di Jakarta akan didata

ILUSTRASI. Promo JSM Alfamidi Periode 8-10 Desember 2023.


JAKARTA. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta dalam waktu dekat akan menggelar pendataan terhadap warga penghuni rumah susun sederhana milik (rusunami) dan apartemen yang ada di seluruh Jakarta. Pendataan itu untuk merespons keluhan masyarakat terhadap dugaan maraknya praktik prostitusi di apartemen.

Kepala Dinas Dukcapil Edison Sianturi yakin penghuni resmi rusunami maupun apartemen tidak akan merasa risih dengan pendatan yang akan dilakukan. Sebab, kata dia, dilakukannnya pendataan untuk mencegah penyahgunaan apartemen.

Tidak hanya dari praktik prostitusi, tetapi juga untuk kegiatan yang terkait narkoba, imigran gelap, dan masalah lainnya.

"Kita siap masuk untuk mendata para penghuni apartemen. Memang, akan ada resiko perlawanan, tetapi kami punya kewenangan yang diatur dalam undang-undang," kata dia, di Balai Kota, Kamis (21/5/2015).

Selain untuk mencegah penyahgunaan apartemen, Edison juga menyatakan pendataan yang akan dilakukan bertujuan untuk mempercepat pembentukan RT/RW di apartemen yang sampai saat ini belum memilikinya.

Menurut Edison, pemilik apartemen harus bertanggung jawab kepada penghuni di setiap unit. Karena itu, penghuni apartemen juga harus mematuhi aturan yang berlaku.

"Kami hargai dan hormati penghuni apartemen yang menolak didata dengan alasan mengganggu privasi. Tetapi aparat Pemda juga bertanggung jawab mendata siapa saja yang ada di unit itu," kata dia. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa

Terbaru