Sertifikat SKD CPNS 2021 wajib didownload, ini kegunaannya

Selasa, 05 Oktober 2021 | 05:30 WIB Sumber: Kompas.com
Sertifikat SKD CPNS 2021 wajib didownload, ini kegunaannya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Setelah mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, peserta harus mengunduh atau download sertifikat. Download sertifikat SKD CPNS 2021 adalah wajib. Lalu, apa kegunaan sertifikat SKD CPNS 2021?

Seperti diketahui, pelaksanaan SKD CPNS 2021 sudah berlangsung sejak awal September 2021. Pelaksanaan SKD CPNS 2021 tidak berlangsung serentak karena menyesuaikan jumlah perangkat komputer di masing-masing instansi pemerintah.

Setelah mengikuti SKD CPNS 2021, peserta bisa download sertifikat secara langsung. Lalu bagaimana cara download sertifikat hasil SKD CPNS 2021?

Ccara downlad sertifikat hasil SKD CPNS 2021 melalui link sertificat.bkn.go.id. Berikut panduan / cara download sertifikat SKD CPNS 2021.

Dengan download sertifikat hasil SKD CPNS 2021, peserta bisa melihat hasil tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensia umum (TIU), dan tes karakter pribadi (TKP).

Baca juga: Catat, ini jadwal dan link pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK Guru 2021

Cara download sertifikat SKD CPNS 2021

Untuk download sertifikat SKD CPNS 2021, cara yang bisa dilakukan yakni:

  • Akses link https://sertificat.bkn.go.id
  • Selanjutnya masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Masukkan nomor peserta ujian
  • Pilih tipe seleksi yang tersedia: Sekolah Kedinasan, CPNS, dan PPPK
  • Klik "Unduh"
  • File sertifikat nilai SKD akan secara otomatis diunduh ke dalam perangkat. 

Selanjutnya sertifikat SKD akan berisi informasi nilai seperti nilai masing-masing tes, tanggal ujian, tanggal berlaku, nama peserta, nomor ujian, hingga barcode atau kode batang.

Baca juga: Download Simpatika & aktivasi rekening, Kemenag beri insentif guru madrasah bukan PNS

Cara cek keaslian sertifikat SKD CPNS 2021

Peserta dapat mengecek keaslian sertifikat melalui aplikasi “Validator SertifiCAT” yang bisa didownload dari Playstore.  Tahapannya berikut ini:

  • Download aplikasi Validator SertifiCAT
  • Buka aplikasi Validator SertifiCAT
  • Izinkan aplikasi mengakses kamera dan foto pada perangkat
  • Klik "Scan" pada tampilan utama
  • Arahkan kamera pada QR Code Sertifikat SKD CPNS 2021
  • Sistem akan menampilkan informasi: tanggal ujian, identitas peserta, nilai TWK, TIU, TKP, hingga nilai total SKD CPNS 2021.

Kapan sertifikat SKD CPNS bisa dicetak

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerjasama BKN Satya Pratama menjelaskan bahwa sertifikat SKD seharusnya sudah dapat keluar setelah terlaksananya ujian . Seandainya, sertifikat belum bisa muncul setelah seseorang ujian, maka sertifikat bisa diakses waktu maksimal 2X24 jam atau dua hari.

“Idealnya di hari ujian, tapi ada kondisi di mana petugas di lapangan yang memastikan sudah tidak ada masalah lagi, kemudian baru mengirim nilai,” ujar Satya dikutip Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

Passing grade SKD CPNS 2021 Peserta yang jadwal tes SKD nya masih cukup lama, Anda bisa mencari tahu tentang passing grade atau nilai ambang batas seleksi ini. Passing grade untuk TKP tahun ini naik menjadi 166 mengikuti penambangan materi soal TKP yaitu Anti radikalisme.

Sementara passing grade untuk TIU adalah 80 dan TWK 65. Total nilai ambang batas SKD adalah 311. Nilai ambang batas tersebut adalah passing grade untuk CPNS formasi umum. Nilai maksimal untuk TWK adalah 150, TKP 225, dan TIU 175, sedangkan nilai maksimal total SKD adalah 550.

Kegunaan download sertifikat SKD CPNS 2021

Fungsi dari sertifikat SKD ini adalah sebagai tanda bukti keikutsertaan SKD CPNS. Ini menjadi modal untuk mengikuti seleksi CPNS tahap selanjutnya.

Sertifikat itu bisa diunduh dalam kurun waktu dua tahun terhitung sejak tanggal mengikuti SKD. BKN akan menyediakan sertifikat hasil SKD dengan masa berlaku 2 Tahun terhitung mulai tanggal peserta ikut SKD. Namun,  hal ini tidak bisa dimaknai bahwa peserta bisa menggunakan nilai SKD selama 2 tahun ke depan.

Itulah cara download sertifikat SKD CPNS 2021. Jadi, jangan tunda lagi, setelah tes SKD CPNS 2021, segera download di  link https://sertificat.bkn.go.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Download Sertifikat SKD CPNS 2021",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Selanjutnya: Ini cara cek dan download sertifikat SKD CPNS 2021

 

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru