Setelah Direnovasi, TMII akan Dikelola Oleh PT Taman Wisata Candi

Kamis, 29 September 2022 | 16:33 WIB Sumber: Kompas.com
Setelah Direnovasi, TMII akan Dikelola Oleh PT Taman Wisata Candi

ILUSTRASI. Pekerja berjalan di kawasan Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (28/9/2022).


DESTINASI WISATA - JAKARTA. Setelah direnovasi, pemeliharaan dan operasional Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan dikelola oleh PT Taman Wisata Candi atau TWC.

Asal tahu saja, TWC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang pengelolaan destinasi wisata di antaranya Candi Borobudur, Candi Prambanan, serta Keraton Ratu Boko.

"Pemeliharaan dan operasinya itu TWC," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Infrastruktur G20 Achmad Gani Ghazaly Akman usai press tour kunjungan kerja (kunker) bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: TMII Dibuka Umum Setelah Perhelatan KTT G20

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan, renovasi TMII merupakan permintaan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Kami melakukan renovasi atas permintaan Setneg ada Perpres-nya (Peraturan Presiden) juga," tambah Diana.

Melansir dari laman resmi Kementerian PUPR, luas area pekerjaan renovasi TMII meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektare dan kawasan seluas 26,56 hektare. Proyek ini dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

Zona 1 bertema Indonesia Klasik elegan dan geometri yang meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila dan Keong Mas.

Selain itu, juga ada penataan Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM yang termasuk dalam zona 1.

Baca Juga: Jelang KTT G20, Hutama Karya Percepat Pembangunan Gedung Parkir di TMII

Zona 2 bertema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur, mencakup penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego.

Sementara Zona 3 bertema Indonesia Kini Modern meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengelola TMII sama dengan Candi Borobudur",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru