Simak aturan naik kereta api jarak jauh pasca-peniadaan mudik

Selasa, 18 Mei 2021 | 13:22 WIB Sumber: Kompas.com
Simak aturan naik kereta api jarak jauh pasca-peniadaan mudik

ILUSTRASI. Penumpang kereta api berjalan setibanya dari Solo, Jawa Tengah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Pada masa pengetatan pasca peniadaan mudik, mulai 18 Mei hingga 24 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke berbagai daerah.

Dalam keterangan tertulis, Senin (17/05), VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlahnya KAJJ mencapai rata-rata 144 kereta per hari. "Tiketnya sudah dapat dipesan di aplikasi KAI Access, Web KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," ujar Joni.

Joni menjelaskan, pelanggan KAJJ tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan. Tapi penumpang masih harus melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 berupa surat keterangan negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.

Untuk membantu melengkapi syarat surat bebas Covid-19 tersebut, KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp 85.000 di 42 stasiun dan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30.000 di 54 stasiun.

Baca Juga: Mulai hari ini keluar kota tak perlu pakai SIKM lagi, tapi tetap ada syarat lain

Mulai 18 Mei 2021 pula, calon penumpang yang tidak dapat menunjukkan surat keterangan negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose C19, tidak memakai masker, atau penumpang reaktif/positif maka tiketnya akan dikenakan bea batal sebesar 25%. Proses pembatalan dilakukan di loket stasiun pembatalan dan melalui Contact Center 121 paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan.

Sedangkan calon penumpang yang didapati suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celsius pada saat boarding, maka tiket akan dikembalikan 100%. Pembatalan dapat dilakukan di semua loket stasiun penjualan.

Proses pengembalian bea pada loket stasiun pembatalan dapat dilakukan tunai atau skema transfer. Khusus untuk layanan Contact Center 121 menggunakan skema transfer. Bea tiket yang dibatalkan dikembalikan setelah hari kalender ke-30 sejak permohonan pembatalan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Simak, Aturan Naik Kereta Api Jarak Jauh Pasca-peniadaan Mudik.
Penulis: Hilda B Alexander
Editor: Hilda B Alexander

Baca Juga: Pasca larangan mudik, ini syarat perjalanan kendaraan umum & pribadi 18-24 Mei 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru