Soal pameran mesin rokok, langkah Ahok tepat

Rabu, 13 April 2016 | 20:24 WIB Sumber: TribunNews.com
Soal pameran mesin rokok, langkah Ahok tepat


JAKARTA. Sikap Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah tepat saat menentang permohonan sekelompok mahasiswa yang melarang penyelenggaraan pameran mesin rokok bertajuk World Tobacco Process and Machinery.

Ketua Koalisi Nasional Penyelamatan Kretek (KNPK) Zulvan Kurniawan mengatakan sikap tegas Ahok menunjukkan bahwa ia memberikan keadilan bagi masyarakat.

“Ini hanya pameran mesin dan tak ada hubungannya dengan apa pun. Yang paling penting, rokok hingga saat ini masih menjadi barang legal di Indonesia,” katanya kepada wartawan, Selasa (12/4).

Justru yang harus diatur dan dibatasi itu adalah para perokok yang masih merokok di dalam ruangan tertutup. “Dan itu saya tentang. Pemprov DKI juga sudah cukup tegas untuk hal ini,” jelasnya.

Saat ini, sudah ada Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 88 tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok, yang telah menetapkan pembatasan kegiatan merokok.

Bahkan kini, DPRD dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta juga tengah merumuskan Rancangan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok.

Setali tiga uang dengan Zulvan, Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia, Muhaimin Moefti mengaku setuju dengan apa yang dilakukan Ahok.

"Ahok sudah menunjukkan sikap objektifnya terhadap kepentingan perlindungan kesehatan masyarakat dan kelangsungan industri tembakau nasional. Saya berharap sikap objektif yang sama juga akan terefleksikan dalam perumusan RAPERDA Kawasan Tanpa Rokok," ujar Moeftie.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru