Soni Sumarsono dilantik jadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan

Senin, 09 April 2018 | 14:29 WIB Sumber: Kompas.com
Soni Sumarsono dilantik jadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan

ILUSTRASI. Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono


PELANTIKAN PEJABAT NEGARA - MAKASSAR. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi melantik Soni Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan. Soni menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang telah habis masa jabatannya sebagai Gubernur Sulsel selama dua periode.

Pelantikan Soni berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo, Senin (9/4). Saat dilantik, Soni mengucapkan sumpah jabatan Gubernur Sulsel yang akan diembannya sampai Pilkada Sulsel 2018 usai. 

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Soni saat mengucapkan sumpah jabatan. 

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Soni menandatangani dokumennya dan pakta integritas. Setelah itu, dilanjutkan pemasangan tanda pangkat jabatan. 

Tjahjo kemudian menyerahkan Surat Keputusan (SK) Presiden RI lalu dilanjutkan Kemudian serah terima jabatan dari Syahrul Yasin Limpo kepada Soni Sumarsono, yang diawali dengan penandatangan serah terima jabatan diakhiri dengan penyerahan memori jabatan.

Dalam sambutannya, Tjahjo mengingatkan netralitas aparatur sipil negara saat Pilkada Sulsel berlangsung hingga terpilih pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel. 

"Saya kira Pak Soni udah paham ya, apa tugas sebagai penjabat. Yang pertama adalah, harus cepat berkoordinasi dengan semua elemen, semua tokoh masyarakat, tokoh agama, daerah-daerah untuk menyukseskan Pilkada serentak. Yang kedua, menjamin jalannya roda pemerintahan. Jangan sampai menunggu terpilihnya gubernur baru ada. Fungsi Pak Soni sebagai Dirjen Otda bisa menggerakkan, bisa mengorganisir dari Sekda sampai SKPD sampai ke tingkat kepala desa, " tuturnya. 

Yang ketiga, Tjahjo meyakini, Soni akan melanjutkan program-program yang sudah berhasil dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel terdahulu. Karena, tugas beliau hanya sampai pada hasil Pilkada Sulsel 2018 mendatang. 

Soni sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Otoda pada Kementerian Dalam Negeri. Namun, Soni pun telah berpengalaman dalam menjabat sebagai Plt Gubernur di DKI Jakarta yang menggantikan Basuki Tjahaja Purnama dan Plt gubernur di Sulawesi Utara. (Hendra Cipto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soni Sumarsono Dilantik Jadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru