Stasiun Jakarta Kota buka layanan kereta jarak jauh selama mudik Lebaran

Kamis, 30 Mei 2019 | 14:40 WIB Sumber: TribunNews.com
Stasiun Jakarta Kota buka layanan kereta jarak jauh selama mudik Lebaran


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Terjadinya kepadatan Stasiun Pasar Senen di saat mudik lebaran membuat PT Kereta Api Indonesia berinovasi membuka layanan KA jarak jauh di Stasiun Jakarta Kota. Layanan ini secara resmi dioperasikan, hari ini, Rabu (29/5) malam.

Ada pun Kereta Api (KA) yang dioperasikan yaitu KA Kutojaya Utara (Jakarta Kota-Kutoarjo), KA Jayakarta Premium (Jakarta Kota-Surabaya Gubeng), dan KA Menoreh (Jakarta Kota-Semarang Tawang).

Layanan KA Jarak Jauh ini dioperasikan dengan hall yang berbeda di mana hall itu berada di sebelah kiri pintu keluar kedatangan atau tepat di area parkir kendaraan bermotor.

Fasilitas yang dihadirkan pun cukup lengkap seperti ruangan ber-AC, toilet, loket, hingga jalur peron yang dilengkapi dengan jalur disabilitas.

Ruangan tunggu yang sudah ber-AC akan menambah kenyamanan para penguna Kereta Api ketika menunggu kereta yang mereka menaiki tiba dan beberapa mesin minuman untuk para penguna kereta api.

"Dengan adanya ini pertama, kita ingin mengurai traffic operasional di Stasiun Pasar Senen karena sudah padat, sehingga kita alihkan di sini, sebagian," kata Kepala Daop 1 Jakarta PT KAI, Dadan Rudiansyah di Stasiun Jakarta Kota, Rabu (29/5).

Dadan menilai, saat ini, Stasiun Pasar Senen mulai terus mengalami peningkatan jumlah penumpang apalagi saat musim mudik, sehingga dengan adanya alternatif pilihan ini membuat kepadatan di sejumlah stasiun berkurang.

Edi menyampaikan, jumIah penumpang per han' di Stasiun Pasar Senen sebanyak 12.000 orang, bahkan di musim mudik jumahnya meningkat menjadi 22.000 orang per hari.

"Mudah-mudahan, ini menjadi alternatif pilihan sehingga masyarakat dapat berangkat melalui Stasiun Jakarta Kota," pungkasnya.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Stasiun Jakarta Kota Buka Layanan Kereta Jarak Jauh Selama Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru