Stok LPG 3 Kg di Jawa Timur Seret, Pemda Sidak Langsung ke Lapangan

Rabu, 21 Juni 2023 | 12:43 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Stok LPG 3 Kg di Jawa Timur Seret, Pemda Sidak Langsung ke Lapangan

ILUSTRASI. Beberapa waktu terakhir di Nganjuk terjadi kondisi peningkatan permintaan dan kekurangan stok LPG di level Pengecer.


LPG -  JAKARTA. Beberapa waktu terakhir di Nganjuk terjadi kondisi peningkatan permintaan dan kekurangan stok LPG di level Pengecer. Pemerintah Daerah setempat bersama dengan Pertamina langsung melakukan sidak pada pekan lalu. 

Kegiatan diawali dengan pengecekan stok terhadap pangkalan LPG 3kg di Kelurahan Payaman Kecamatan Nganjuk, Kelurahan Klurahan Kecamatan Ngronggot dilanjutkan dengan sidak beberapa pelaku usaha. 

Nanang Trisno S, Ahli Muda Pengujian Mutu Barang mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Nganjuk mengatakan kondisi di Kabupaten Nganjuk untuk pasokan sangat aman.

“Kami Imbau masyarakat membeli langsung ke Pangkalan LPG 3kg yang terdapat di masing-masing kelurahan/desa lebih dari satu pangkalan,” ujar Nanang

Baca Juga: Harga LPG 3 Kg Melambung di Jawa Timur, Ini Imbauan Pertamina Patra Niaga

Salah satu pemilik usaha Laundry di Jalan Imam Bonjol Payaman, Nganjuk bernama Arif tidak menyangka akan didatangi tim Sidak Kabupaten Nganjuk. Ia tidak mengetahui bahwa usahanya termasuk kategori yang dilarang menggunakan LPG bersubsidi. 

“Saya nggak tahu kalau dilarang, karena tidak ada sosialisasi,” ujarnya. 

Arif bercerita, membeli LPG 3kg ini dari toko (pengecer). Waktu diberikan pemahaman ya akhirnya dia pun menukar tabungnya karena ingin membantu warga yang kesulitan mendapatkan LPG 3kg. 

“Harapannya semua pelaku usaha kelas menengah ke atas melakukan yang sama,” ujar Arif.

Hal serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang. Sidak dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang bersama Pertamina Rayon Malang Raya pada Jumat (9/6) lalu. 

Beberapa pangkalan gas LPG yang dikunjungi di antaranya pangkalan gas di kawasan Mergan hingga kawasan Kasin dan beberapa usaha kuliner di kawasan Jalan Bendungan Sutami.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Matangkan Kriteria Penerimaan Subsidi LPG 3 KG, Utamanya Bagi UMKM

Kabag Perekonomian, Infrastruktur dan SDA (Kabag Pisda) Kota Malang yang juga sekretariat TPID, Eny Handayani menjelaskan dari hasil pemantauan, distribusi gas dari Pertamina ke Pangkalan Gas berjalan normal sesuai alokasi. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru