Street Race Jakarta 2022 Akan Kembali Digelar, Ini Jadwal & Lokasi Pelaksanaan

Rabu, 24 Agustus 2022 | 06:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Street Race Jakarta 2022 Akan Kembali Digelar, Ini Jadwal & Lokasi Pelaksanaan


OTOMOTIF - Jakarta. Siap-siap menonton balap motor street race di Jakarta pada akhir pekan ini. Polda Metro Jaya kembali menggelar balap motor street race pada 27-28 Agustus 2022.

Mengutip website Korlantas Polri, kompetisi balap motor street race bagi pembalap jalanan itu akan diselenggarakan di Kemayoran, Jakarta Pusat. “Ditlantas Polda Metro, khususnya Polda Metro Jaya, akan menggelar seri keempat street race di Kemayoran. Tentunya kegiatan ini untuk yang pertama merayakan betul rasa kebangsaan kita, cinta tanah air ke Indonesia itu perayaannya sehingga meriah,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Latif mengatakan ajang street race di Kemayoran, Jakarta ini akan digelar pada 27-28 Agustus. Street race khusus untuk motor nantinya dihelat mulai pukul 08.00 WIB. “Untuk peserta yang kita ikut sertakan sekitar 500 peserta,” katanya.

Latif mengatakan pihaknya telah mempertimbangkan banyak aspek perihal pemilihan Kemayoran, Jakarta sebagai lokasi digelarnya street race. Rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan ketika balapan street race berlangsung di Kemayoran, Jakarta.

“Tentunya kita akan berpindah tempat dan kebetulan pada seri keempat ini di Kemayoran memiliki tipikal dan konstruksi jalan yang cukup untuk menampung para pembalap dan penonton yang akan menontonnya sehingga akan lebih nyaman. Tentunya pengalihan arus lalu lintas akan kita lakukan di jalan sekitar Kemayoran tersebut,” papar Latif.

Baca Juga: Dirlantas Polda Metro: Lintasan Siap, Street Race Digelar 10-11 Juni di Meikarta

Selain menyelenggarakan ajang balapan, street race di Kemayoran, Jakarta akhir pekan nanti juga bakal menyediakan sejumlah fasilitas lainnya. Fasilitas tersebut mulai dari eksibisi tinju hingga vaksin booster.

“Ada juga eksibisi tinju dan juga kita siapkan UMKM sehingga masyarakat bisa nikmati kuliner yang ada di Jakarta. Kita juga gelar vaksin booster di mana vaksin ini kita akan perhatikan ke masyarakat berkebutuhan khusus,” katanya.

Lebih lanjut Latif mengatakan program street race akan terus dilanjutkan. Dia berharap kegiatan itu bisa menekan angka balapan liar yang ada di Jakarta.

“Mudah-mudahan sarana ini dimanfaatkan oleh mereka dan mereka tidak akan lagi melaksanakan balapan liar yang tentunya mengganggu keselamatan warga dan keselamatan mereka sendiri,” terang Latif.

Street race adalah program yang digagas oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Program itu didasari atas fenomena balapan liar yang masih marak di jalanan ibukota sehingga polisi memberikan wadah bagi para penggemar otomotif.

Ajang street race pertama kali digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Januari 2022. Ajang itu disambut antusias hingga turut digelar di Meikarta, Bekasi, dan BSD, Tangerang Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru