Sukses fasilitasi pelatihan petani dan penyuluh, Polbangtan Yoma jadi UPT Favorit

Selasa, 17 Agustus 2021 | 18:31 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Sukses fasilitasi pelatihan petani dan penyuluh, Polbangtan Yoma jadi UPT Favorit

ILUSTRASI. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi melakukan kunjungan ke 5 lokasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di 3 Kabupaten DIY.


AGRIBISNIS - JAKARTA. Kegiatan Pelatihan Petani dan Penyuluh yang digelar oleh Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), resmi ditutup,  Sabtu (14/8) lalu. 

Pelatihan yang dilaksanakan secara virtual dan bertahap selama 6 hari dalam 18 gelombang pelatihan tersebut diikuti oleh lebih dari 1,5 juta peserta di seluruh Indonesia.  Polbangtan Yogyakarta Magelang (YoMa) yang menjadi fasilitator pada Gelombang 11, terpilih menjadi UPT favorit. 

Kesuksesan penyelenggaraan kegiatan turut diapresiasi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.  "Kementerian Pertanian tidak akan berhenti meningkatkan kualitas dan kemampuan dan pengetahuan SDM-SDM pertanian. Pertanian Indonesia harus lebih baik," katanya. 

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa kesuksesan kegiatan pelatihan kali ini nantinya dapat dijadikan panutan untuk penyelenggaraan kegiatan pengembangan SDM Pertanian selanjutnya.

Baca Juga: Menyorot pro kontra kebijakan cutting HE-19 dan afkir dini ayam parent stock

“Puji syukur kegiatan Pelatihan Petani dan Penyuluh telah rampung dilaksanakan pada Sabtu kemarin. Terimakasih atas kerja keras seluruh panitia dan rekan-rekan UK/UPT. Kementerian Pertanian sangat bangga dengan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini, dan untuk ke depannya kegiatan ini akan menjadi role model, sehingga perlu dilakukan evaluasi agar menjadi lebih baik lagi,” ujar Dedi dalam siaran pers, Selasa (17/8).

Menurutnya kegiatan ini tidak dapat berjalan dengan baik tanpa kontribusi dari Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) yang memfasilitasi kegiatan. 

Selama pelaksanaan kegiatan, setiap UK/UPT di bawah koordinasi BPPSDMP bertanggungjawab untuk memfasilitasi jalannya kegiatan, tidak terkecuali Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa). 

Polbangtan YoMa mendapat mandat untuk memfasilitasi kegiatan pelatihan pada Gelombang 11, Kamis (12/8/2021) lalu, dengan peserta yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan DIY. Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, setiap UK/UPT dituntut untuk membawakan acara secara baik, kreatif, dan meriah. 

Baca Juga: Kementan dukung penyuluh tingkatkan kompetensi lewat program pendidikan RPL

Oleh karena itu Polbangtan YoMa berusaha menampilkan diri sebaik mungkin, sehingga pada saat kegiatan sebanyak 2500 akun yang hadir secara virtual tidak bosan dan dapat menyerap materi dengan baik.

“Kami berusaha menyiapkan kegiatan dengan sangat baik, dipandu oleh MC yang luwes dan pemateri yang interaktif. Selain itu, kami juga menyelenggarakan kuis-kuis kecil terkait materi pelatihan agar peserta tetap tertarik dan konsentrasi dalam mengikuti pelatihan,” jelas Bambang Sudarmanto, Direktur Polbangtan YoMa.

Berkat kreatifitasnya tersebut, Polbangtan YoMa berhasil meraih penghargaan sebagai UPT Terfavorit. Hal tersebut diumumkan Kepala BPPSDMP saat apel pagi virtual.  Raihan ini merupakan salah indikator suksesnya Polbangtan YoMa dalam menyelenggarakan kegiatan.

Selanjutnya: Harga kedelai global fluktuatif, Kemendag jamin harga tetap terjangkau

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru