Sukses Gelar Kongres, IKA ITS Siap Tingkatkan Kontribusi ke Negara

Senin, 12 Agustus 2024 | 09:21 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Sukses Gelar Kongres, IKA ITS  Siap Tingkatkan Kontribusi ke Negara

ILUSTRASI. Kongres IKA ITS 2024


PENDIDIKAN - JAKARTA. Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) telah sukses menggelar Kongres IX 2024 dengan agenda pemilihan ketua umum Pengurus Pusat  dan Senat IKA ITS periode 2024-2028, serta membahasa garis  besar haluan dan kebijakan  organisasi (Gabaka).

Rangkaian Kongres 2024 sudah dimulai dua bulan lalu. Kegaiatan yang dilaksanakan di antaranya seminar nasional dan kampanye calon ketua umum IKA ITS di Samarinda, Batam, Surabaya, serta Jakarta. 

Ketua Panitia Kongres IX IKA ITS 2024 Muhammad Fauzan menjelaskan, seminar nasional di berbagai daerah dihadiri lebih dari 1.500 peserta. "Kongres IX 2024 sebagai rangkaian akhir dan diharapkan berjalan lancar,” kata dia dalam keterangan resminya, Minggu (11/8).

Kongres IKA ITS 2024 pun mendapatkan apresiasi sejumlah menteri dan berharap dapat menghasilkan beragam gagasan inovatif dan menciptakan kolaboraksi yaitu kolaborasi dengan aksi kuat agar dapat berdampak positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca Juga: BNI Gencarkan Program BNI Campus Financial Ecosystem

Para alumni ITS juga diharapkan semakin berperan dalam teknologi. Ini demi mendorong kemajuan pembangunan Indonesia ke depan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini sekaligus alumnus ITS berharap hasil kongres dapat memperkuat kolaboraksi alumni ITS dengan pemerintah, khususnya lewat dukungan teknologi.

"Pengembangan teknologi tepat guna terbukti telah mendorong peningkatan dan pemerataan kesejahteraan sosial yang berkeadilan bagi masyarakat. Ini bisa dilihat dari kolaboraksi (kolaborasi dan aksi) Kementerian Sosial dengan ITS dan alumni ITS," kata dia. 

Salah satu kolaboraksi tersebut adalah menginisiasi pembangunan Rumah Tahan Gempa di Aceh Timur. Rumah Tahan Gempa itu didesain dari ITS. Menurut Risma, masih banyak hal yang bisa dilakukan alumni ITS untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. 

Baca Juga: Kampus-Kampus Ini Lulusannya Cepat Dapat Kerja, Pilihan Kuliah di SNPMB 2023

Wakil Rektor ITS Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana Dr Machsus berharap kongres IKA ITS mampu melahirkan pemikiran-pemikiran cerdas. Lewat pemikiran itulah  ITS, para alumni ITS, dan pada ujungnya Indonesia didorong maju dan unggul. 

Hal ini sejalan dengan target ITS Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum sebagai (PTN BH), untuk  mengejar peringkat 500 kampus besar dunia. “Pemeringkatan itu bukan hanya dilihat dari kiprah perguruan tinggi negerinya. Melainkan juga dari kiprah alumninya di berbagai sektor kehidupan," tutur Machsus.

Dari tujuh calon yang mendaftar jadi ketua umum PP IKA ITS 2024-2028, lima orang ditetapkan lolos melalui penjaringan one man one vote (OMOV).  Mereka dipilih oleh 7.648  dari sebanyak 131.560 alumni ITS yang terdaftar per April 2024. 

Kelima calon adalah Faizal Rochmad Djoemadi alumni ITS angkatan 1986 yang kini menjabat sebagai Dirut  Pos Indonesia, Munadi Herlambang angkatan 1997 yang menjabat Direktur Institutional BNI, Wiluyo Kusdwiharto angkatan 1989 yang kini menjabat Direktur PLN, Muhammad Fauzan angkatan 1993 yang menjabat Direktur Human Capital and Legal Hutama Karya, dan Boy Robyanto angkatan 1991  yang menjabat Direktur Investasi di PT Pelabuhan Indonesia.

Kongres menetapkan Wiluyo Kusdwiharto terpilih menjadi ketua umum IKA ITS 2024-2028 mengantikan Sutopo Kristanto yang menjabat sebagai ketua umum periode 2019-2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru