Sylviana Murni akan promosikan Perkampungan Wisata

Rabu, 23 November 2016 | 09:13 WIB Sumber: Kompas.com
Sylviana Murni akan promosikan Perkampungan Wisata


JAKARTA. Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Sylviana Murni, mengaku sudah memiliki rencana untuk memajukan sektor parawisata di Jakarta jika dirinya terpilih. Ia akan mempromosikan perkampungan wisata daerah seperti di Condet, Jakarta Timur.

Ia mengaku saat dirinya masih menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Parawisata DKI Jakarta, kawasan Condet akan dijadikan Ekowisata dan Agrowisata.

"Jadi ada sungai yang kita bisa jalan, bisa duduk, makan salak di sana, terus nanti ada pasar malam di sana, PKL-nya kita tata, kemudian makanan betawi, bagaimana bikin dodol. Nanti juga ada sanggar yang bisa melatih tari topeng betawi itu ada di Condet," kata Sylviana saat berkunjung ke kantor redaksi Kompas di Palmerah, Jakarta, Selasa (22/11).

Tak hanya Condet, mantan none Jakarta itu, mengaku akan mengembangkan perkampungan budaya betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Ia mengklaim sebagai orang pertama yang menemukan perkampungan budaya betawi di Setu Babakan.

"Ini juga saya yang menemukan lho, 289 hektar perkampungan betawi di Setu Babakan. Ini ada embrio rumah betawi, kemudian ada yang modern, ada home stay disana, restoran. Ini kerangkanya sudah jadi, tinggal penyempurnaan," kata dia.

Selain mengembangkan dan mempromosikan budaya betawi, dirinya juga akan menumbuhkembangkan keragaman budaya yang ada di Jakarta. Ia menuturkan, akan memaksimalkan sanggar-sanggar di tiap Rukun Warga (RW) sebagai tempat warga berlatih kesenian dan kebudayaan lain.

"Sanggar itu bukan hanya betawi, bali harus hidup, madura juga, reog ponorogo harus hidup. Jakarta itu kan colorful," kata Sylvi. (Akhdi Martin Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru