Tahun depan, Menhub janji mulai mengembangkan Bandara Matohara Wakatobi

Sabtu, 29 Februari 2020 | 12:48 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Tahun depan, Menhub janji mulai mengembangkan Bandara Matohara Wakatobi

ILUSTRASI. Bandara Matahor, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terus mengembangkan Bandara Matahora di Wakatobi, Sulawesi Tenggara untuk mendukung sektor pariwisata di daerah yang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang saat ini tengah dikembangkan.

“Presiden sudah mencanangkan 5 Bali Baru, sekarang ini ada 5 Bali Baru yang lainnya yang juga tengah dikembangkan, salah satunya adalah Wakatobi. Oleh karenanya pengembangan Bandara akan kita lakukan di tahun 2021,” ucap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Matahora, Wakatobi dalam kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara, Sabtu (29/2) dilansir dari laman Setkab.

Baca Juga: Merawat keindahan, Balai Taman Nasional segera rilis e-tour Wakatobi

Menhub mengungkapkan, kondisi Bandara Matohara saat ini sudah relatif baik, namun ke depannya tetap perlu dikembangkan untuk mendukung pariwisata di Wakatobi yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya.

“Perlu dikembangkan baik dari infrastrukturnya maupun kuantitas penerbangannya, serta penambahan konektivitas ke beberapa tempat baik itu ke Makassar ataupun ke Bali untuk mendukung pariwisata di Wakatobi,” ungkap Menhub.

Menhub mengatakan, akan memperpanjang runway Bandara Matahora menjadi 2200 Meter x 45 Meter, sehingga bisa didarati pesawat yang lebih besar dari jenis ATR-72, seperti Boeing 737.

Sebagai informasi Bandara Matahora saat ini memiliki runway 2000 x 45 M2, luas terminal 1500 M2, Taxiway 107 x 23 M2 dan Apron 110 x 85 M2.

Baca Juga: Wakatobi menanti sentuhan

Editor: Yudho Winarto

Terbaru