Jawa Tengah

Tarif Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartasura-Klaten Masih Gratis

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 12:03 WIB Sumber: Kompas.com
Tarif Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartasura-Klaten Masih Gratis

ILUSTRASI. Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024). PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan membuka jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta sepanjang 22 km dari GT Colomadu atau GT Banyudono hingga keluar GT Ngawen, Klaten pada 5-15 April 2024 untuk mendukung kelancaran arus mudik libur Lebaran 2024. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/Spt.


JALAN TOL - SOLO. Ruas Jalan Tol Yogyakarta-Solo segmen 1 yang menghubungkan Kartasura-Klaten sudah resmi beroperasi sejak 20 September 2024, dan diberlakukan tanpa tarif.

Bahkan, hingga saat ini masyarakat masih bisa melintasinya secara gratis alias nol rupiah. Namun, pengguna jalan tetap harus menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk tapping sebelum memasuki dan keluar gerbang tol.

Media Relation and Promotion Section Head Jasa Marga, Irwansyah mengatakan, hingga saat ini Jalan Tol Yogyakarta-Solo ruas Kartasura-Klaten masih gratis.

“Belum (dikenakan tarif),” katanya singkat saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2024).

Baca Juga: Simak Tarif Baru Tol Jakarta-Tangerang, Berlaku mulai Hari Ini, 19 Oktober 2024

Sementara, saat ditanyakan tarif yang akan diberlakukan nantinya, Irwansyah mengatakan Jasa Marga menunggu keputusan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelumnya, Manager Humas dan Umum PT Jasa Marga Jogja-Solo, Rachmat Jesiman, mengatakan, jalan tol tersebut masih dalam status gratis dan belum bisa memastikan kapan tarif akan mulai diterapkan.

"Saat ini, jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo segmen Kartasura-Klaten masih diberlakukan gratis (non tarif)," ungkap Rachmat dikututip dari Kompas.com, Jumat (19/10/2024).

Baca Juga: Jasamarga Metropolitan Tingkatkan Kapasitas Transaksi di Ruas Tol Jakarta-Tangerang

Rachmat menambahkan bahwa pihaknya belum dapat memastikan kapan tarif akan mulai diterapkan. "Untuk waktu pemberlakuan tarif masih menunggu keputusan dari pusat," jelasnya.

Perlu dicatat, bagi pengguna jalan untuk tetap memperhatikan unsur keselamatan, salah satunya dengan berkendara sesuai batas kecepatan yang sudah diatur, yaitu minimum kecepatan 60 kpj dan maksimum 100 kpj.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarif Jalan Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartasura-Klaten Masih Gratis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/19/071200715/tarif-jalan-tol-yogyakarta-solo-ruas-kartasura-klaten-masih-gratis.

Selanjutnya: Lupa Akun iCloud? Ini Cara Ganti Password via Email dan Nomor HP

Menarik Dibaca: Turunkan Kolesterol Jahat, Ini 5 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru