Peristiwa

Tempat tidur pasien Covid-19 gejala ringan dan sedang di Wisma Atlet tersisa 20%

Kamis, 24 September 2020 | 21:37 WIB Sumber: Kompas.com
Tempat tidur pasien Covid-19 gejala ringan dan sedang di Wisma Atlet tersisa 20%

ILUSTRASI. Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri saat memberikan berkas pasien Covid-19 yang tiba di pos pemeriksaan IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Kesehatan Kodam Jaya Kolonel Ckm dr Stefanus Dony mengatakan, kuota untuk pasien Covid-19 bergejala ringan hingga sedang di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet saat ini tersisa 20 persen. Menurut dia, total kapasitas tempat yang disediakan RSD Wisma Atlet bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang sehanyak 2.780 tempat tidur. 

"Kuota pasien dengan dengan gejala ringan dan sedang yang ada sebanyak 2.780 tempat tidur. Di kita sudah terisi 80 persen. Jadi memang masih cukup banyak. Artinya kita masih bisa tampung 20 persen (pasien)," ujar Dony dalam talkshow daring yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Kamis (24/9/2020). 

Ia juga mengatakan, ada 440 pasien yang bisa pulang dari RSD Wisma Atlet karena kondisinya telah membaik.  Namun, sebelum bisa pulang, pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang harus menjalani pemeriksaan terlebih dulu. "Untuk pasien bergejala ringan dengan komorbid (penyakit penyerta), kita periksa ulang dengan swab test PCR," ujar Dony. 

Baca Juga: Waspada! Masyarakat berpotensi terpapar Covid-19 meski tidak keluar rumah

"Kalau memang sudah negatif pada hari kedelapan, tentu saja kita bisa lakukan pemeriksaan dan satu hari besoknya bisa pulang," kata dia. 

Akan tetapi, jika masih dalam kondisi positif, tim dokter yang menangani masih akan tetap melakukan evaluasi dengan melihat kondisi klinis dan hasil ronsen si pasien. Selain itu, tingkat saturasi oksigen yang bersangkutan pun akan ikut dievaluasi. "Kalau memang itu nanti cukup bagus, kita akan melihat lagi kalau memang hasil CT scan-nya cukup aman maka kita bisa pulangkan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 Gejala Ringan dan Sedang di Wisma Atlet Sisa 20 Persen"

Selanjutnya: Belum genap 2 pekan, flat isolasi mandiri Wisma Atlet untuk OTG terisi 67%

 

Editor: Handoyo .


Terbaru