Terdampak Covid-19, Anies sebut ada 3,7 juta warga DKI dapatkan bantuan sosial

Kamis, 02 April 2020 | 17:39 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Terdampak Covid-19, Anies sebut ada 3,7 juta warga DKI dapatkan bantuan sosial

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah berencana memberikan bantuan sosial kepada masyarakat karena terdampak Covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengatakan terdapat 3,7 juta masyarakat miskin dan rentan miskin di DKI Jakarta yang akan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

"Dalam catatan kami, ada 3,7 juta orang yang dalam posisi miskin dan rentan miskin. Mereka terdampak cukup serius dan perlu ada dukungan untuk bisa membiayai kehidupan di Jakarta," ujar Anies saat melakukan video conference dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kamis (2/4).

Baca Juga: Gubernur Anies minta Menkes segara tetapkan status PSBB untuk Jakarta

Anies menjelaskan, dari jumlah tersebut terdapat 1,1 juta masyarakat miskin yang sudah tercatat oleh pemda DKI, sementara terdapat alokasi dana yang ditujukan kepada 2,6 juta masyarakat rentan miskin. Anies mengatakan, 2,6 juta masyarakat rentan miskin ini masih perlu didata lebih lanjut.

Menurut Anies, pendataan ini dibutuhkan karena selama ini masyarakat rentan miskin tersebut tidak mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah.

"Kelompok masyarakat rentan ini seperi pengemudi ojek, pedagang bakso, pedagang kaki lima. Mereka selama ini memiliki pendapatan, tetapi begitu ekonomi mengalami kontraksi mereka kehilangan pendapatan," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies pun berharap pemerintah segera merealisasikan rencana bantuan sosial yang akan diberikan.

"Kami mengharapkan agar program-program bantuan yang tadi dibahas bersama dalam ratas bisa segera dieksekusi," tambah Anies.

Baca Juga: Anies desak pemerintah pusat percepat pemeriksaan Covid-19 di DKI Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru