Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Bandara di Maumere Ditutup

Minggu, 16 Juni 2024 | 16:23 WIB Sumber: Kompas.com
Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Bandara di Maumere Ditutup

ILUSTRASI. Luncuran lava pijar Gunung Lewotobi Laki-Laki terlihat dari Desa Nurri, Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, NTT.


ERUPSI GUNUNG - SIKKA. Bandara Fransiskus Xaverius Seda Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditutup sementara pada Sabtu (16/6).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Bandara Fransiskus Xaverius Seda Maumere Partahian Panjaitan menjelaskan, penutupan ini karena ruang udara di bandara tersebut terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur.

"Berdasarkan berita SIGMET BMKG dan hasil paper test menunjukkan hasil positif (terpapar abu vulkanik) sehingga kami mengusulkan penutupan sementara Badara Frans Seda Maumere sampai dengan berakhirnya jam operasional pukul 17.00 Wita," ujar Partahian dalam keterangannya, Sabtu.

Dia mengatakan, penutupan dilakukan untuk keselamatan penerbangan, sebab jika abu vulkanik mengenai mesin pesawat dapat berakibat fatal. Partahian menambahkan penutupan sementara Bandara Fransiskus Xaverius Seda Maumere telah dilaporkan kepada Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali.

Baca Juga: Hingga Selasa (4/6) Sore, Gunungapi Lewotobi Laki-laki Lima Kali Erupsi

"Kami akan terus melakukan paper test setiap jam untuk mengetahui kondisi di landasan pacu," kata dia.

Sampai saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki berada di level III siaga. Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki melaporkan pada Minggu pukul 06.00 Wita-12.00 Wita terjadi satu kali gempa letusan. Satu kali gempa frekuensi rendah, 12 kali vulkanik dangkal, enam kali vulkanik dalam, satu kali tektonik lokal dan satu kali tektonik jauh.

Secara visual gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 900 meter di atas puncak kawah. Teramati letusan dengan tinggi 900 meter dan warna asap kelabu. Aliran lava ke arah Timur laut sejauh 4340 meter dari pusat erupsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Bandara di Maumere Ditutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru