kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga perusahaan lolos pra kualifikasi proyek ERP


Jumat, 16 November 2018 / 19:51 WIB
Tiga perusahaan lolos pra kualifikasi proyek ERP
ILUSTRASI. Perangkat ERP di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta

Reporter: Abdul Basith | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak tiga perusahaan dinyatakan lolos tahap pra kualifikasi (PQ) untuk proyek sistem jalan berbayar alias electronic road pricing (ERP).

Tender tersebut dilakukan secara online melalui lpse.jakarta.go.id. Total perusahaan yang mengikuti lelang tersebut mencapai 143 perusahaan.


"Lelang dilaksanakan dengan metode pra kualifikasi dimana dalam tahap pra kualifikasi panitia menetapkan tiga calon penyedia yang lolos," ujar Sigit Widjatmoko, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (16/11).

Tiga perusahaan yang lolos tahap pra kualifikasi adalah PT Bali Towerindo Sentra Tbk, Q Free ASA, dan Kapsch TrafficCom AB. Setelah tahap pra kualifikasi, perusahaan yang lolos akan mengikuti tahap evaluasi teknis dan biaya.

Tahapan ini akan melihat kemampuan perusahaan menjalankan proyek sesuai permintaan. Dalam proyek tersebut lelang dilakukan secara terbuka untuk teknogi yang akan diterapkan.

Begitu pula untuk nilai proyek yang ditawarkan untuk membangun ERP. 

Sigit bilang harga perkiraan sendiri (HPS) untuk proyek ERP tersebut tidak ditentukan. "HPS dalam lelang nol," terang Sigit.

Nantinya perusahaan yang mengikuti lelang akan menyampaikan total biaya pembangunan ERP. Hal itu akan disampaikan setelah perusahaan tersebut lolos dalam evaluasi teknis.

ERP merupakan sistem yang digunakan untuk memungut bayaran atas jalan yang digunakan. Jalan dengan sistem ERP bersifat terbuka sehingga tidak ada gerbang seperti tol yang menghambat laju kendaraan dan membuat kemacetan.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×