Jabodetabek

Tilang ganjil genap Jakarta diundur hingga pekan depan, ini alasannya

Kamis, 06 Agustus 2020 | 11:47 WIB Sumber: Kompas.com
Tilang ganjil genap Jakarta diundur hingga pekan depan, ini alasannya

ILUSTRASI. Polisi memperpanjang masa sosialisasi ganjil genap Jakarta hingga Jumat 7/8/2020.. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sosialisasi kebijakan ganjil genap di Jakarta diperpanjang. Pemberian sanksi tilang ganjil genap Jakarta akan mulai diberlakukan pekan depan, tepatnya Senin (10/8/2020).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperpanjang masa sosialisasi ganjil genap. Bila semula selesai pada Rabu (5/8/2020), sosialisasi diteruskan hingga Jumat (7/8/2020) besok. Dengan adanya perpanjangan sosialisasi ganjil genap Jakarta tersebut, otomatis implementasi penindakan tilangnya juga diundur hingga Senin (10/8/2020).

Baca juga: Hari ini berlaku tilang online di Jakarta, termasuk di 26 lokasi baru

"Betul, rencana memang selesai di hari Rabu dan Kamis ini kami mulai untuk penindakan tilang. Namun, melihat kondisi, aktivitas sosialisasi kami perpanjang sampai besok dan implementasi hukum baru pekan depan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, Kamis (6/8/2020).

Menurut Fahri, perpanjangan sosialisasi ganjil genap dikarenakan masih melihat tingginya tren pelanggaran yang terjadi, terutama pada hari kedua dan ketiga. Lantaran hal tersebut, akhirnya diputuskan untuk memperpanjang masa sosialisasi agar bisa menyampaikan informasi yang lebih masif lagi ke masyarakat.

"Mulai hari ini sampai besok, kami akan lebih masif menyampaikan sosialisasi ke masyarakat, terutama pengguna mobil pribadi. Jadi Senin nanti penegakan hukumnya sudah bisa mulai berjalan," ujar Fahri.

Baca juga: Citra satelit ini tunjukkan bagian pelabuhan hilang akibat ledakan besar di Beirut

Seperti diketahui, semula penerapan ganjil genap diberlakukan kembali mulai 3 Agustus 2020, tetapi polisi memberikan sosialisasi selama tiga hari sebelum adanya tindakan hukum. Penerapan kembali sistem ganjil genap pun dikarenakan sudah meningkatnya jumlah volume kendaraan pada beberapa titik yang diklaim angkanya lebih tinggi dibandingkan masa sebelum pandemi Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sosialisasi Diperpanjang, Tilang Ganjil Genap Berlaku Pekan Depan",

Editor: Adi Wikanto


Terbaru