Tinjau Kereta Cepat Indonesia China, Jokowi Targetkan Uji Coba Tahun Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 16:48 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Tinjau Kereta Cepat Indonesia China, Jokowi Targetkan Uji Coba Tahun Ini

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta, Senin (17/1/2022).


KONTAN.CO.ID -  PURWAKARTA. Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung.

Jokowi bilang saat ini progres pembangunan telah mencapai 79,9%. Berdasarkan capaian tersebut, diharapkan pada akhir tahun 2022 ini akan dapat dilakukan uji coba KCIC.

"Kita harapkan di akhir tahun 2022 ini sudah bisa diuji coba dan kemudian pada bulan juni 2023 bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi usai meninjau, Senin (17/1).

Baca Juga: Hadiri Dies Natalis ke-67 Unpar, Jokowi Ungkap Cara Lewati Lonjakan Covid-19 di 2021

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu bilang ada sejumlah titik yang perlu dikerjakan secara hati-hati. Antara lain adalah pembangunan terowongan 2 KCIC yang ditinjau Jokowi.

Masalah teknis lapangan tersebut yang membuat proyek KCIC mengalami perlambatan. Namun, Jokowi berharap KCIC dapat segera beroperasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

"Harapan kita dengan selesainya kereta cepat Jakarta Bandung ini akan mengurangi kemacetan baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Bandung, juga mempercepat mobilitas orang dan juga barang dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing yang baik bagi negara kita," ungkapnya.

Baca Juga: Peringatan Pemerintah: Laju Penularan Omicron bakal Sangat Cepat di Jabodetabek

Editor: Noverius Laoli

Terbaru