Tumbuhkan Minat Milenial pada Pertanian, Kementan Gelar Job Fair dan Bazar UMKM

Minggu, 06 November 2022 | 23:23 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Tumbuhkan Minat Milenial pada Pertanian, Kementan Gelar Job Fair dan Bazar UMKM

Kementan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan memberikan fasilitas bagi pencari kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja yakni Job Fair dan Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tahun 2022 di Pacitan, Sabtu (5/11/2022).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya menumbuhkan minat generasi milenial terhadap sektor pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong generasi milenial dapat memanfaatkan peluang mengembangkan sektor pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap agar generasi milenial dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

“Kalian harus menjadi qulified job seekers dan job creator. Kalian harus bisa menjadi SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi," katanya dalam siaran pers, Minggu (6/11).

Baca Juga: Upaya Kementan dalam Bangun Ekosistem Usaha Pertanian di Jawa Timur

Dedi Nursyamsi menambahkan kapasitas dan kompetensi tersebut akan mampu menggenjot kreativitas pertanian. Mampu menggenjot ekspor.

Salah satu upaya, dilakukan Kementan melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Malang selaku Project Provincial Implementation Unit (PPIU) Provinsi Jawa Timur dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kementan melalui Program YESS bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan memberikan fasilitas bagi pencari kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja yakni Job Fair dan Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tahun 2022 di Pacitan, Sabtu (5/11/2022).

Upaya Kementan dan YESS disambut baik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Heru Wiwoho yang menghadiri Job Fair dan Bazzar UMKM sekaligus membuka kegiatan tersebut. 

Baca Juga: Rencana Pemerintah Menerbitkan Perpres Swasembada Gula Dikritik

"Terima kasih atas terselenggaranya event yang sangat luar biasa pada hari ini. Tentunya, harapan Pemkab Pacitan dengan adanya kegiatan ini akan menumbuhkan perekonomian di Pacitan," katanya.

Heru Wiwoho menambahkan, potensi pertanian Pacitan cukup luas dan luar biasa. Sudah ada yang diekspor sehingga perlu dieksplorasi. 

"Job Fair dan Bazar UMKM dapat menjadi media promosi kepada masyarakat bahwa Pacitan punya potensi dan daya saing di sektor pertanian," katanya lagi.

"Hari ini sangat luar biasa karena Pemkab Pacitan mendukung penuh Program YESS yang diinisiasi oleh Kementan. Misi dari Program YESS adalah membangun generasi muda untuk lebih cinta pertanian," kata Setya Budhi Udrayana ungkap Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 5 dan 6 November 2022 bertujuan memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja (perusahaan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru