Uji coba LRT Jakarta besok kembali dibuka gratis, simak cara daftarnya

Senin, 10 Juni 2019 | 07:13 WIB Sumber: Kompas.com
Uji coba LRT Jakarta besok kembali dibuka gratis, simak cara daftarnya


LRT - JAKARTA. PT LRT Jakarta kembali melakukan uji coba secara gratis bagi warga yang tertarik menjajal LRT. Uji publik kali ini akan berlangsung selama 11 hari, terhitung sejak 11 Juni hingga 21 Juni.

Corporate Communications Manager PT LRT Jakarta, Melisa Suciati menyebut, pihaknya belum menentukan jumlah kuota calon penumpang untuk uji publik kali ini. Namun, registrasi uji publik telah dibuka sejak Jumat (7/6) dan akan ditutup apabila jumlah penumpang diperkirakan sudah mencukupi kapasitas.

“Untuk saat ini pendaftaran di website masih dibuka. Kami belum tahu (berapa penumpang), nanti kami cek berapa banyak, kami update baru kami tentukan lagi supaya bisa disesuaikan dengan kenyamanan penumpang,” ujar Melisa saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/6) siang.

Warga dapat melakukan registrasi melalui laman bit.ly/UjiPublikLRTJ. Berikut caranya, seperti dilansir dari laman Instagram @lrtjkt

  1. Isi data diri pada laman bit.ly/UjiPublikLRTJ
  2. Pilih jadwal uji publik
  3. Submit formulir dan verifikasi melalui surel
  4. Unduh tiket elektronik (e-ticket) melalui surel setelah melakukan verifikasi

Nantinya, e-ticket tersebut perlu dibawa saat hari uji publik yang dipilih, untuk kemudian ditukarkan dengan tiket sekali jalan (single journey trip) LRT Jakarta melalui petugas loket. Perlu diperhatikan, satu alamat surel dapat didaftarkan secara berulang kali. Namun, setiap e-ticket yang diunduh usai pendaftaran dari alamat surel tersebut hanya berlaku untuk satu orang.

E-ticket tersebut juga hanya dapat ditukarkan pada tanggal pilihan calon penumpang dan tidak dapat digunakan kembali. Anak berusia di bawah tiga tahun pun tidak diwajibkan melakukan registrasi.

Sebagai informasi, sebelumnya uji publik serupa juga sudah dilakukan pada 4-17 Maret 2019 lalu. Hingga saat ini, belum ada titik terang dari Pemprov DKI Jakarta mengenai kapan LRT Jakarta akan beroperasi secara komersial.

Proyek LRT Jakarta yang terbentang sejauh 5,8 km tersebut telah berulang kali molor dari jadwal. Saat pertama kali dicanangkan, LRT Jakarta ditargetkan beroperasi jelang Asian Games 2018.

Lima bulan berselang, pada Januari 2019 Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono menyebut kesiapan LRT Jakarta telah mencapai 97% dan siap beroperasi pada Februari 2019. Namun, pada Februari, LRT Jakarta belum juga dibuka untuk publik.

Akhir Februari, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, LRT Jakarta akan beroperasi pada akhir Maret. Kini, penentuan waktu beroperasinya LRT Jakarta berada di tangan Pemprov DKI Jakarta. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Uji Coba LRT Jakarta Kembali Dibuka Secara Gratis, Ini Cara Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru