Ulang Tahun Jakarta 495: Berikut 5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan

Rabu, 22 Juni 2022 | 16:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ulang Tahun Jakarta 495: Berikut 5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan

ILUSTRASI. JAKARTA,20/6-HIASAN KOTA SAMBUT HUT JAKARTA.KONTAN/Fransiskus SImbolon


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Hari Ulang Tahun atau HUT Jakarta ke-495 jatuh pada hari ini Rabu, 22 Juni 2022. Setiap tahunnya, HUT Jakarta digelar dengan tema yang berbeda-beda. 

Untuk tahun ini sendiri, tema yang diangkat adalah "Jakarta Hajatan". Di usianya yang ke-495 ini, kota yang dulunya bernama Batavia ini memang layak menggelar hajatan sebagai bentuk kebangkitan setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19.

Untuk itu, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia guna merayakan Ulang Tahun Jakarta ke-495 seperti dirangkum dari keterangan resmi Ayobantu, platform donasi online. 

Baca Juga: Pemprov DKI Abadikan Tokoh Betawi & Jakarta Sebagai Nama Jalan, Gedung & Zona Khusus

1. Datang ke Jakarta Fair 2022

Setelah absen dua tahun akibat pandemi, Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau yang kini disebut Jakarta Fair kembali digelar. 

Berlangsung dari 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Anda bisa menikmati rangkaian kegiatan dan acara seru. Di antaranya bazaar UMKM, hingga aneka konser musik yang menampilkan sederet musisi Indonesia.

2. Mengenal budaya Betawi

Jakarta tentu identik dengan nenek moyang mereka yakni Betawi. Jadi, tidak ada salahnya saat momen HUT Jakarta menjadi momentum untuk mengenal lebih jauh lagi budaya Betawi.

Ada beberapa lokasi menarik di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk mengenal lebih jauh tentang budaya Betawi. Di antaranya adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan, Pusat Kebudayaan Betawi (Gedung Eks Kodim) Jakarta Timur, serta Kampung Betawi Condet. 

Baca Juga: Promo Ancol Spesial HUT DKI Jakarta 2022, Gunakan Berbagai Kode Voucher Ini

3. Menggunakan transportasi umum

Tiap tahunnya, mungkin harapan masyarakat terhadap Jakarta adalah terbebas dari kemacetan dan polusi. Sayangnya, warga lebih banyak menggunakan kendaraan bermotor pribadi untuk bepergian. 

Menurut data Dinas perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta 2015 menunjukkan jumlah kendaraan bermotor di Jakarta lebih dari 7 juta unit. Angka ini semakin bertambah sekitar 8,12 persen per tahun.

Oleh karena itu, kita bisa merayakan ulang tahun kota metropolitan ini dengan menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau Commuterline.

Baca Juga: Semarakkan HUT Jakarta dengan 15 Link Twibbon Ini Yuk!

4. Mengunjungi ikon Jakarta

Monas adalah bangunan yang menjadi ikon Jakarta. Monas berbentuk lingga yoni setinggi 132 meter. Bagian bawah Monas terdapat Museum Nasional. 

Di sini terdapat sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Selain itu juga terdapat diorama sejarah Indonesia dari zaman pra sejarah hingga peristiwa G30S/PKI.

Selain Monas, ada satu lagi lansekap ikonik yang dimiliki oleh Jakarta, yakni Sarinah yang berstatus sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia. 

Baca Juga: Promo Waroeng Steak HUT Jakarta ke-495, Diskon Aneka Menu Spesial Rp 49.500

5. Berdonasi

Terakhir, berdonasi juga menjadi salah satu hal positif yang bisa dilakukan untuk memperingati HUT Jakarta. Sebab, dibalik hingar bingar Jakarta dengan segala kemewahannya, masih ada kesenjangan sosial yang tinggi. 

Seperti, masih banyak masyarakat Jakarta yang belum memiliki tempat tinggal layak maupun akses ke kesehatan dan pendidikan yang memadai. Salah satu cara donasi pun bisa dilakukan secara online melalui platform donasi online Ayobantu di www.ayobantu.com. 

Demikian lima hal positif yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru