Upaya Polbangtan Malang Lestarikan Lingkungan Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 19:20 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya Polbangtan Malang Lestarikan Lingkungan Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana (kiri) menyerahkan pohon secara simbolis kepada para wakil direktur menandai penanaman 77 pohon di lingkungan kampus Polbangtan Malang


KONTAN.CO.ID -  MALANG. Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, dan komitmen Pemerintah dalam melestarikan alam dan menekan dampak perubahan iklim, sekaligus mendorong pembudayaan karakter dan gaya hidup cinta lingkungan ditunjukkan dengan aksi penanaman 77 pohon oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di lingkungan kampus Polbangtan, Malang, Jumat (12/08).

Penanaman bibit pohon multipurpose juga dilakukan secara serentak oleh seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Kementan di seluruh Indonesia sesuai instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas.

Baca Juga: Harga Gandum Melambung Tinggi, Ancaman Krisis Pangan di Depan Mata

“Melalui proses menanam, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggung jawab, dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam. Kegiatan ini tidak hanya selesai sampai di sini, selanjutnya pohon-pohon ini tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik,” kata Dedi Nursyamsi dalam siaran pers, Sabtu (13/8).

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mengatakan bahwa gerakan menanam pohon ini selain memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, juga merupakan langkah nyata dukungan Polbangtan Malang dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan mengurangi risiko kekurangan bahan pangan.

"Mudah mudahan apa yang kita tanam ini, nantinya akan berbuah, dan buahnya bisa dinikmati oleh kita bersama," kata Setya BU yang akrab disapa Uud.

Dia menambahkan, saat kita menanam pohon, berarti kita menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan generasi yang akan datang. Selain memperbaiki lingkungan, menanam juga harus memberikan manfaat langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Strategi Subtitusi Komoditi Pangan Impor

Uud merinci total pohon yang ditanam ada 77 pohon yang terdiri dari pohon jeruk, mangga dan kelengkeng. 

Aksi nyata ini secara simbolik ditandai dengan menanam pohon oleh Direktur, seluruh wakil direktur, Kabag Umum dan Koodinator AAKA.

"Sudah saatnya semangat menanam pohon tertanam dalam diri kita. Menanam pohon merupakan upaya menyelamatkan bumi. Menjaga keanekaragaman hayati. Menghemat dan menumbuhkan mata air baru serta memberikan oksigen bagi kehidupan," kata Uud lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru