Usai Ditunjuk Jadi Ketua Satgasus, Luhut Pandjaitan Cek Progres Pembangunan IKN

Sabtu, 20 Mei 2023 | 04:56 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Usai Ditunjuk Jadi Ketua Satgasus, Luhut Pandjaitan Cek Progres Pembangunan IKN

ILUSTRASI. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN),


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengecek progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Rabu (17/5).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut setelah Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut menjadi Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Percepatan Investasi di IKN.

Selain itu, Menko Marves ingin memastikan pembangunan infrastruktur prioritas sudah berjalan sesuai targetnya.

Dalam kunjungan ini, Luhut mengawali kunjungannya ke Titik Nol Nusantara untuk berdiskusi dengan Kepala Otoritas IKN (OIKN), Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

Kunjungan kemudian dilanjutkan menuju lokasi proyek Hunian Tapak Menteri, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Istana Presiden.

“Satgas akan berperan mengkoordinasikan lintas kementerian/lembaga, sesuai dengan peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Kami akan mengecek kemajuan lapangan secara berkala,” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/5).

Baca Juga: Kepala OIKN Bambang Susantono Beberkan Kabar Terbaru Perkembangan Investasi IKN

Lebih lanjut, Luhut menyebutkan, bagian paling penting yang perlu segera diselesaikan adalah masalah pertanahan. Hal ini agar semua bisa memberi kepastian untuk investor berinvestasi. Termasuk di dalamnya adalah soal harga tanah yang perlu ditetapkan dengan mekanisme yang benar melalui appraisal.

Sebelumnya, Kepala OIKN Bambang Susantono menyampaikan Presiden Jokowi memerintahkan jajaran untuk mempercepat proses agar investasi di IKN dapat terealisasi sesuai dengan koridor dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk di dalamnya penyelesaian permasalahan pertanahan.

“Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear, istilahnya begitu, jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya sehingga mereka bisa langsung menghitung,” kata Bambang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah membentuk satuan tugas yang diketuai Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Nantinya, tugas utamanya adalah untuk mengkoordinir interdept dan juga semua lembaga terkait. Sehingga proses percepatan investasi di IKN ini dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien.

Baca Juga: OIKN: Perlindungan Satwa Tetap Jadi Perhatian di Proyek Infrastruktur di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru