Walikota Medan Apresiasi Kementan atas Capaian Polbangtan dan PEPI

Jumat, 03 Juni 2022 | 23:10 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Walikota Medan Apresiasi Kementan atas Capaian Polbangtan dan PEPI

ILUSTRASI. Walikota Medan Bobby Nasution (tengah) hadir sebagai keynote speaker seminar yang digelar Polbangtan Medan secara hibrid


PERTANIAN -  MEDAN. Kementerian Pertanian terus berusaha mengoptimalkan peran Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) guna mencetak lulusan petani muda dengan sumber daya berkualitas, handal serta berkemampuan wirausaha yang mumpuni.

"Lewat pendidikan vokasi Polbangtan dan PEPI, kami terus berinovasi dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pendidikan karakter hingga keterampilan untuk terjun dalam dunia usaha," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Mengapresiasi hal ini, Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution juga menyampaikan dukungannya pada Polbangtan dan PEPI, dalam seminar bertajuk 'Peran Pendidikan Vokasi Membangun Jiwa Entrepreneurship Millenial'.

"Kami berharap ke depan Polbangtan di seluruh Indonesia dapat lebih berkembang dan tetap di bawah naungan Kementan," kata Bobby, alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Jumat (03/5).

Menurut walikota millenial ini, karakteristik dan kualitas individu harus dilengkapi dengan kompetensi. Ini lah mengapa sekolah vokasi Polbangtan menjadi salah satu stakeholder penting dalam tongkat estafet pertanian Indonesia.

Baca Juga: Kementerian Pertanian akan Beli Vaksin PMK dari Prancis

"Hal itu bisa dilihat dari program pembelajaran salah satu Polbangtan yang ada di tanah air, yakni Polbangtan Medan. Selain membekali mahasiswanya dengan beragam kompetensi, Polbangtan Medan juga turut menghadirkan sertifikasi, termasuk untuk penyuluh pertanian, pertanian organik, asisten kebun, hidroponik, barista, digital marketing hingga desain grafis", paparnya.

Di sisi lain, Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) Kementan mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan banyak program untuk mendukung program Kementan ini, di antaranya hadir dalam bentuk pelatihan ke luar negeri seperti Taiwan, Jepang dan Korea. 

"BPPSDMP berupaya memaksimalkan peran pendidikan vokasi. Maka dari itu, Polbangtan dan PEPI hadir sebagai pelaksana pendidikan dalam melahirkan generasi milenial yang tidak hentinya berinovasi sebagai modal saat terjun langsung ke masyarakat," pungkas Dedi.

Dedi juga menekankan bahwa insan pertanian  harus bisa menguasai sistem dan jejaring produksi, utamanya dalam hal supply and demand.

Baca Juga: Kementan gelar Public Hearing, Tindak Lanjut Perpres Penyuluhan Pertanian

“Insan pertanian tak terkecuali petani dan pengusaha pertanian harus menguasai supply and demand. Dimana kita harus memastikan ketersediaan produk dan pintar membaca apa yang menjadi kebutuhan pasar.  Supply and demand akan berpengaruh pada fluktuasi harga. Seringkali terjadi over produksi sebuah produk pertanian lantaran supply and demand tak dikuasai dengan baik. Akibatnya terjadi kelebihan produk daripada permintaan pasar yang membuat harga menjadi terjun bebas" jelas Dedi.

"Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi  pun terus  menanamkan jiwa  wirausahawan tak sekedar bisa berdagang, namun ada proses pembelajaran seperti mengelola usaha, mengolah bahan hingga kepada proses pemasarannya. 

Tak kalah penting, membaca peluang pasar merupakan hal yang esensial yang wajib hukumnya bagi seorang entrepreneur bila ingin sukses.  

Kelihaian dalam membaca peluang pasar baiknya dilakukan mulai dari saat memulai suatu usaha, mengembangkan usaha, melakukan segmentasi pasar, hingga saat melakukan perluasan usaha", tutup Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru