CLOSE [X]

Waspada Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Ini, Cek Prediksi BMKG

Jumat, 02 Februari 2024 | 04:37 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Waspada Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Ini, Cek Prediksi BMKG

ILUSTRASI. BMKG mengidentifikasi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga akhir Februari mendatang. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto


BMKG - JAKARTA. Sampai kapan musim hujan di Indonesia akan berlangsung? Banyak masyarakat yang menanyakan hal ini. 

Mengutip Infopublik.id, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia sampai dengan akhir Februari 2024.

"Berdasarkan analisis dan pemantauan data cuaca terkini, dalam 24 jam terakhir hingga 28 Februari 2024 pukul 07.00 WIB," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto. 

Dia menambahkan, hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi di beberapa wilayah, seperti: 

- Banten (118 mm)
- Bali (73.9 mm)
- Nusa Tenggara Timur (70.0 mm)
- DKI Jakarta (62 mm)
- DI Yogyakarta (56.4 mm) 

Menurut Guswanto, dengan mencermati hasil analisis dinamika atmosfer terkini, potensi hujan dengan variasi intensitas yang beragam di wilayah Indonesia diprediksi masih dapat terjadi hingga memasuki periode awal bulan Februari 2024.

Baca Juga: El Nino di Indonesia Mulai Melemah, Ini Potensi Hujan di Februari 2024

Adapun sejumlah faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut adalah:

1. Aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

2. Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

3. Terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

Adapun potensi hujan sedang - lebat di wilayah Indonesia periode 2 - 4 Februari 2024 berpeluang terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Kamis (25/1), Cuaca Cenderung Cerah Berawan

Selanjutnya di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, serta Papua.

Sementara untuk periode 2 - 4 Februari 2024, Guswanto mengatakan bahwa secara umum cuaca berawan hingga hujan ringan akan mewarnai wilayah Jabodetabek. 

"Namun, perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah seperti sebagian Tangerang, Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu," katanya.

Imbauan BMKG

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Sementara untuk dapat mengikuti update informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca secara real-time hingga level kecamatan, masyarakat dapat mengunjungi apps @InfoBMKG dan website https://www.bmkg.go.id.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru