Waspada, Ini Daerah yang Berpotensi Alami Angin Puting Beliung 22-25 Februari 2024

Jumat, 23 Februari 2024 | 05:14 WIB Sumber: Kompas.com
Waspada, Ini Daerah yang Berpotensi Alami Angin Puting Beliung 22-25 Februari 2024

ILUSTRASI. BMKG memperingatkan, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami angin puting beliung pada 22-25 Februari 2024. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto


BMKG - JAKARTA. Masyarakat harus waspada. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami angin puting beliung pada Kamis (22/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024). 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, puting beliung merupakan fenomena angin kencang yang bentuknya berputar kencang menyerupai belalai dan biasanya dapat menimbulkan kerusakan di sekitar lokasi kejadian. 

Puting beliung terbentuk dari sistem awan Cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem. 

“Meskipun demikian, tidak semua awan Cumulonimbus menyebabkan fenomena puting beliung dan tergantung bagaimana kondisi atmosfernya,” kata Guswanto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (22/2/2024). 

Guswanto menjelaskan, saat ini di wilayah Indonesia terjadi beberapa fenomena atmosfer yang menyebabkan cuaca ekstrem dan potensi angin puting beliung, seperti adanya aktivitas Monsun Asia yang masih dominan. 

Selain itu, ada aktivitas gelombang atmosfer di sekitar Indonesia bagian tengah dan timur serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di Indonesia bagian tengah dan selatan. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta, Jumat (23/2)

Wilayah berpotensi cuaca ekstrem dan puting beliung Berikut wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai pembentukan awan Comolunimbus penyebab puting beliung untuk periode 22-25 Februari 2024. 

- Sumatera Utara 
- Sumatera Barat 
- Riau 
- Jambi 
- Bengkulu 
- Sumatera Selatan 
- Lampung 
- Banten 
- Jawa Barat 
- Jawa Tengah 
- Jawa Timur 
- Bali 
- Nusa Tenggara Barat 
- Nusa Tenggara Timur 
- Kalimantan Barat 
- Kalimantan Tengah 
- Kalimantan Timur 
- Kalimantan Selatan 
- Sulawesi Utara 
- Gorontalo 
- Sulawesi Tengah 
- Sulawesi Selatan 
- Sulawesi Tenggara 
- Papua. 

Baca Juga: Update Rutin Prakiraan Cuaca Surabaya, Malang, Madura Jatim Lengkap

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru