Yang gabung dipinjami tanah dan modal, Ridwan Kamil cari 5.000 pemuda jadi petani 4.0

Kamis, 28 Januari 2021 | 22:05 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Yang gabung dipinjami tanah dan modal, Ridwan Kamil cari 5.000 pemuda jadi petani 4.0


PERTANIAN - JAKARTA. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencari 5.000 anak muda Jawa Barat yang mau bela negara dengan menjadi petani 4.0.

"Daripada nganggur dan banyak rebahan melamun, mending gabung saja," kata Ridwan di akun Twitter-nya, Rabu (27/1). 

Pemerintah Jawa Barat akan meminjamkan tanah subur masing-masing seluas 2.000 meter persegi kepada anak muda Jawa Barat yang mau bergabung menjadi petani 4.0.

Selain itu, bagi yang bergabung menjadi petani 4.0, akan mendapatkan modal dari Bank BJB. "Dan, hasil langsung dibeli oleh Agro Jabar," ujar Ridwan.

PT Agro Jabar adalah badan usaha milik daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat, yang bergerak di bidang perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, cadangan pangan, dan usaha lainnya di sektor agro.

Baca Juga: Ridwan Kamil minta masyarakat tak khawatir dengan kebijakan PPKM

 

Menurut Ridwan, pendaftaran akan dimulai minggu depan. "Daripada jadi pengangguran, kan? Salah satu syaratnya mau tinggal ngekos di desa. Menikahi kembang desa adalah pilihan," sebutnya.

"Itulah rencana besar tahun 2021, yang saya sampaikan saat pencanangan revolusi pertanian 4.0 di Jawa Barat. Dimulai dengan meresmikan smart green house di Wanaraja Garut," ungkap Ridwan.

Dia bilang, produksi pertanian bisa 2 kali lipat hanya dengan konsumsi air 20% dari biasanya, berkat teknologi pertanian infus. Dan, bisa bertani selama 12 bulan penuh tanpa terpengaruhi dinamika cuaca.

"Tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia," katanya.

Selanjutnya: Alasan Ridwan Kamil usulkan agar data penerima vaksin Covid-19 diatur Pemda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru