Ahok pede penuhi janji Jokowi soal Sungai Ciliwung

Jumat, 20 Mei 2016 | 09:18 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok pede penuhi janji Jokowi soal Sungai Ciliwung


JAKARTA. Normalisasi Sungai Ciliwung merupakan salah satu janji Presiden Joko Widodo saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Hanya saja, hingga kini janji tersebut belum juga terealisasi.

Pada Kamis (19/5) kemarin, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok megatakan yakin dapat merealisasikan janji Jokowi mengenai normalisasi Sungai Ciliwung itu.

"Saya enggak tahu jabatan saya akan lanjut atau tidak. Tapi kalau lanjut, minimal Oktober 2017 saya sudah bangun 70.000 (unit rusun) dan (normalisasi) Ciliwung lunas di masa (pemerintahan) saya," kata pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Ahok menjelaskan, Jokowi merupakan gubernur pertama yang turun ke Sungai Ciliwung dan bertekad menormalisasi sungai tersebut. Pada 2013 lalu, Jokowi bersama Pangdam Jaya saat itu Agus Sutomo menyusuri sungai Ciliwung.

"Mereka sepakat mengerjakan (normalisasi Kali Ciliwung) bersama Kementerian PU tahun 2013," kata Ahok.

Kontrak normalisasi Ciliwung pun telah disepakati sejak tahun 2013 dan ditargetkan rampung pada tahun 2016. Namun karena berbagai kendala, kontrak diperpanjang satu tahun hingga 2017.

Keyakinan Ahok semakin bertambah ketika Kodam Jaya menyerahkan lahannya untuk dibebaskan Pemprov DKI Jakarta. Dengan demikian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) dapat segera mengembalikan lebar sungai Ciliwung menjadi 50 meter.

Tiga lahan yang diserahkan Kodam Jaya adalah Kompleks Rindam Jaya, Gedong Jakarta Timur; Kompleks Zeni, Rawajati Jakarta Selatan; dan Kompleks TNI AD Berlan, Kebon Manggis, Jakarta Timur.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru