Buat pemudik dari zona merah, Pemkab Malang siapkan safe house di setiap desa

Selasa, 14 April 2020 | 22:02 WIB   Reporter: kompas.com
Buat pemudik dari zona merah, Pemkab Malang siapkan safe house di setiap desa

ILUSTRASI. Calon penumpang menunggu pemberangkatan bus di Terminal Bus Budiman, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (12/6/2019).


DAMPAK VIRUS CORONA - MALANG. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyiapkan safe house atau tempat karantina di setiap desa yang ada di wilayahnya guna mengantisipasi penyebaran virus corona baru.

Bupati Malang M Sanusi mengatakan, safe house tersebut akan digunakan ketika ada masyarakat pendatang yang tiba dari daerah yang masuk dalam kategori zona merah atau memiliki kasus virus corona tinggi.

Sanusi menjelaskan, warga yang baru saja melakukan perjalanan dari wilayah zona merah juga diperiksa terlebih dahulu oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Baca Juga: Selama PSBB, Tangsel terapkan titik pengawasan mulai tingkat RW

"Desa akan menyiapkan safe house. Ketika ada indikasi ada orang harus dikarantina, orang tersebut harus dikarantina di desa yang didatangi tersebut," ujar Sanusi seperti dikutip Antara, Selasa (14/4).

Kendati demikian, karantina tersebut hanya untuk orang yang berada dalam kondisi sehat. Jika setelah pemeriksaan orang tersebut positif Covid-19, yang bersangkutan tentu dibawa ke rumahsakit untuk mendapat perawatan intensif.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru