Ini progres pembangunan jalan Tol Sigli-Banda Aceh yang ditargetkan rampung 2021

Sabtu, 22 Februari 2020 | 16:11 WIB   Reporter: Bidara Pink
Ini progres pembangunan jalan Tol Sigli-Banda Aceh yang ditargetkan rampung 2021

ILUSTRASI. Proyek jalan tol Tol Sigli-Banda Aceh ditargetkan bisa rampung pada Desember 2021.


JALAN TOL - BANDA ACEH. Pemerintah terus mengebut pembangunan ruas jalan tol pertama di Aceh. Targetnya, proyek jalan tol yang menghubungkan Sigli dan Banda Aceh ini bisa rampung Desember 2021.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan bahwa jalan tol sepanjang 74 km ini sudah bisa berfungsi sebagian pada lebaran tahun ini, atau sekitar April 2020.

Baca Juga: Jalan tol Banda Aceh-Sigli pangkas waktu tempuh perjalanan menjadi hanya 1 jam

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Danang menegaskan, bahwa yang sudah bisa beroperasi pada April tahun ini adalah ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh seksi 4 yang menghubungkan daerah Indrapuri dan Blang Bintang.

“Seksi 4 bisa digunakan setidaknya fungsional. Sementara untuk yang lainnya kita harapkan di 2020 dan ada satu seksi terakhir di tahun 2021,” kata Danang saat ditemui pada Jumat (21/1) di Simpang Susun Blang Bintang.

Dalam pembangunan ini, Danang mengaku kalau masih ada kendala yang dihadapi. Khususnya, terkait masalah konstruksi yang masih lambat. Hingga saat ini, proses konstruksi masih mencapai 29,7%.

Meski begitu, hingga saat ini pemerintah telah berhasil membebaskan lahan sebanyak 61,6%. Oleh karenanya, Danang menaruh harapan pada pemerintah untuk bisa menuntaskan masalah tanah ini.

Baca Juga: Jokowi pastikan ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh seksi 4 beroperasi Lebaran

Lebih lanjut, jalan tol Sigli - Banda Aceh ini terdiri dari beberapa seksi. Selain seksi 4, seksi yang diharapkan bisa rampung pada tahun ini adalah ruas jalan tol seksi 3 yang menghubungkan daerah Jantho dan Indrapuri. Konstruksinya telah mencapai 42,224% dan telah berhasil membebaskan lahan hingga 95,98%.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru