Solo KLB virus corona! Sejumlah rumah sakit tiadakan jam besuk pasien

Selasa, 17 Maret 2020 | 07:05 WIB Sumber: Kompas.com
Solo KLB virus corona! Sejumlah rumah sakit tiadakan jam besuk pasien

ILUSTRASI. Warga melintas di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020). Satu pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr. Moewardi Solo meninggal dunia, berdasarkan pemeriksaan menunjukan positif COVID-19. ANTARA FOTO


VIRUS CORONA - SOLO. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) virus corona pada Jumat (13/3/2020). Keputusan tersebut dibuat setelah adanya satu kasus pasien positif virus corona yang kemudian meninggal di RSUD Dr. Moewardi Solo.  

Selanjutnya, sejumlah rumah sakit di Kota Solo mengeluarkan beberapa kebijakan di antaranya adalah peniadaan jam kunjungan pasien. 
Berikut beberapa rumah sakit yang menerapkan pembatasan pengunjung: 

1. RSUD Dr. Moewardi 

RSUD Dr. Moewardi mengumumkan adanya pembatasan pengunjung di mana pasien rawat inap tidak diperkenankan untuk dibesuk. Selain itu, pengantar pasien rawat jalan hanya diperbolehkan satu orang. Hal tersebut juga disampaikan melalui akun resmi @rsud_moewardi. 

Baca Juga: Ini wilayah di Indonesia yang tetapkan status KLB virus corona

“Sehubungan ditetapkannya KLB di Kota Solo, maka untuk mengurangi resiko kerumunan dan keramaian, mohon diperhatikan ketentuan mengenai kunjungan pasien rawat inap dan pengantar pasien rawat jalan. . . Semoga #SobatMoewardi sehat selalu”

2. RSUD Bung Karno Solo 

RSUD Bung Karno Kota Surakarta yang beralamat di Mojo Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta juga melakukan hal serupa. “Ada pembatasan (pengunjung),” terang dr Wahyu Indianto selaku Direktur RSUD Bung Karno. Wahyu menerangkan pembatasan itu yakni untuk pasien opname yang tidak diperbolehkan untuk dibesuk. 
“Semua pengunjung wajib scan suhu tubuh, pasien opname tak boleh di besuk,” lanjutnya. 

Baca Juga: Pasien dalam pengawasan corona di RSMS Purwokerto bertambah jadi 6 orang

Dia juga menerangkan terkait dengan antisipasi virus corona, RSUD Bung Karno juga melakukan sejumlah langkah seperti penguatan internal, membentuk satgas, mengaktifkan PPI dan peralatan. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru