Tes swab gelombang I pegawai Sampoerna Surabaya, 34 orang positif terinfeksi corona

Sabtu, 02 Mei 2020 | 09:55 WIB Sumber: Kompas.com
Tes swab gelombang I pegawai Sampoerna Surabaya, 34 orang positif terinfeksi corona

ILUSTRASI. Petugas medis mengamati sampel darah dari pekerja yang mengikuti rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Aula Serba Guna Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Jumat (1/5/2020). Kemnaker melakukan rapid test COVID-19 terhadap 1000 pekerja dalam rangka m


VIRUS CORONA -  SURABAYA. Sebanyak 34 pegawai pabrik rokok Sampoerna Surabaya dinyatakan positif Covid-19, sebagaimana hasil swab atau polymerase chain reaction (PCR) di RSU dr Soetomo Surabaya yang keluar Jumat (1/5/2020).

Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi mengatakan, 34 pegawai tersebut dari 46 yang mengikuti tes swab gelombang pertama Kamis (30/4/2020) kemarin.

Baca Juga: Begini kronologi penyebaran Covid-19 di pabrik Sampoerna Surabaya

"Dari 46 pegawai yang diswab, 34 positif Covid-19," kata Joni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat malam.

Pihak RS kaget jumlah pasien positif banyak

Menurutnya ada 100 pegawai pabrik rokok Sampoerna yang melakukan tes swab di RSU dr Sotetomo Surabaya.

"Gelombang kedua sisanya baru melakukan swab Jumat dan paling cepat Sabtu hasilnya baru keluar," ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur ini.

Baca Juga: Setelah karyawan positif Covid-19, HMSP karantina produk rokok di pabrik Surabaya

Joni mengaku terkejut dengan hasil tes swab tersebut karena umumnya kelompok pasien yang dilakukan swab hanya beberapa saja yang positif.

"Hasilnya memang sangat mengejutkan. Ini bukti bahwa Covid-19 adalah virus yang infeksius, virus yang cepat menular," tegasnya.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru