Umum

11 Stasiun kereta api buka layanan vaksinasi gratis, ini syarat dan ketentuannya

Selasa, 13 Juli 2021 | 10:29 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
11 Stasiun kereta api buka layanan vaksinasi gratis, ini syarat dan ketentuannya

ILUSTRASI. Calon penumpang kereta jarak jauh mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19 di Stasiun Balapan Solo, Selasa (6/7/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

KONTAN.CO.ID - Kini, stasiun kereta api membuka layanan vaksinasi gratis. Ada 11 stasiun di masing-masing Dearah Operasi (Daop) yang menyediakan fasilitas tersebut antara lain Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Malang dan Jember.

Melansir Instagram KAI, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dicermati terlebih dahulu sebelum mendapatkan vaksin tersebut. 

  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Harus menunjukkan kode booking yang sudah dibayar atau menunjukkan tiket kereta api antar kota yang berlaku.
  • Memiliki KTP. NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin.
  • Datang paling lambat H-1 sebelum waktu keberangkatan kereta api.
  • Bagi ibu hamil, bisa mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk vaksinasi Covid-19.

Jika sudah divaksin dan akan melanjutkan perjalanan naik kereta api selama masa PPKM Darurat di wilayah Jawa dan Sumatera, ada beberapa persyaratan tambahan yang wajib dipatuhi selain menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama.

Baca Juga: PPKM Darurat berlaku, ini dia syarat penerbangan domestik Lion Air Group

Penumpang harus menunjukkan hasil negatif tes antigen yang berlaku 1x24 atau hasil negatif PCR yang berlaku 2x24 jam sebelum keberangkatan. Kini, hasil tes GeNose tidak diberlakukan.

Penumpang dengan kepentingan khusus yang tidak/belum divaksin karena alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter, bisa menunjukkan RT/PCR atau antigen.

Bagi penumpang yang membawa anak dibawah umur 5 tahun, tidak wajib melakukan tes PCR atau rapid antigen. Lalu, penumpang dibawah umur 18 tahun tidak diwajibkan juga menunjukkan sertifikasi telah divaksin.

Selanjutnya: Promo Hypermart weekday 13-15 Juli 2021, Hyper Diskon terbaru!

Editor: Novianti Siswandini
Terbaru