Jawa Barat

32 pegawai terpapar Covid-19, Gubernur Jabar Ridwal Kamil tutup sementara Gedung Sate

Kamis, 03 Juni 2021 | 12:35 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
32 pegawai terpapar Covid-19, Gubernur Jabar Ridwal Kamil tutup sementara Gedung Sate

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menutup sementara kantor gubernur Jabar atau Gedung Sate, menyusul 21 pegawai terpapar Covid-19. Tribun Jabar/Gani Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memutuskan untuk menutupsementara Kantor Gubernur Jawa Barat atau Gedung Sate, Kamis (3/6). 

Keputusan penutupan kantor Gubernur Jawa Barat ini menyusul ditemukannya 32 pegawai Pemerintah Provinsi Jabar yang terpapar Covid-19.

"Menyikapi situasi di gedung pemerintahan, Gedung Sate, terdapat satu klaster yang kami nilai membuat situasi di tempat kerja atau Gedung Sate ini harus dilakukan penutupan sementara. Karena terdapat 32 PNS di Pemprov Jabar yang terpapar Covid," ujar Ridwan Kamil dalam siaran pers, Kamis (3/6)

Baca Juga: Di Hadapan Teten, Ridwan Kamil Minta E-Commerce Lain Tiru Kebijakan Shopee

Kang Emil, begitu Gubernur Jaban Ridwal Kamil itu disapa menyebu, klaster tersebut dipicu aktivitas pegawai saat Lebaran. Pihaknya telah melakukan pelacakan kepada seluruh anggota keluarga yang sudah dinyatakan terpapar Covid-19. 

"Kami langsung melakukan tracing kepada seluruh yang terpapar, keluarganya, dan didapati fakta bahwa kejadiannya adalah pasca Lebaran, di saat ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di Kementerian, kemudian dari situ menjadi sumber keterpaparan," tutur Ridwan Kamil 

Sesuai prosedur, bila ada klaster yang cukup signifikan, maka Gedung Sate akan ditutup sementara. "Sambil kita lakukan upaya-upaya treatment, tracing kepada mereka yang terpapar Covid," kata Ridwan Kamil. 

Baca Juga: Survei ARSC Capres 2024: Elektabilitas Anies tertinggi, kalahkan Prabowo dan Ganjar

Ia berharap, insiden ini menjadi pembelajaran kepada semua pihak agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

 "Selalu kita ingat ke manapun kita pergi, bermobil satu, dua orang atau banyakan tetap gunakan masker, tetap jaga jarak. Kurangi perbincangan yang tidak perlu, sehingga kita tetap bisa produktif berkedinasan tanpa terpapar Covid," kata Kang Emil atau Ridwal Kamil 

 

Editor: Titis Nurdiana
Terbaru