Umum

4 Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan kulit

Jumat, 30 Oktober 2020 | 13:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan kulit


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat minyak kemiri yang bisa Anda dapat. Hal itu disebabkan karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa nutrisi yang dimaksud adalah polyunsaturated acid, monounsaturated acid, vitamin C, antioksidan, vitamin D, dan vitamin E.

Secara umum, kemiri bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Artinya, resiko tubuh Anda terserang penyakit akan lebih kecil. Namun, manfaat kemiri tak berhenti sampai di situ. Saat diolah menjadi minyak dan digunakan di kulit, ada lebih banyak manfaat yang bisa Anda rasakan.

Island Essence (islandessence.com) mengatakan bahwa minyak kemiri cocok digunakan untuk mengobati luka dan memar di kulit. Tak hanya mempercepat proses penyembuhan, minyak kemiri juga mampu mengurangi rasa sakit. Selain itu, masih ada manfaat minyak kemiri lainnya seperti berikut.

Pelembab Alami

Apakah Anda memiliki tipe kulit kering? Jika iya, maka Anda bisa menggunakan minyak kemiri sebagai pelembab. Tak hanya di tangan, kulit kering di bagian tubuh lain pun bisa diatasi dengan jenis minyak ini.

Baca Juga: 5 Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh

Jika Anda tak menangani kulit kering dengan cepat dan tepat, maka masalah kulit yang lebih parah bisa terjadi, misalnya infeksi yang menimbulkan rasa sakit. Selain melembabkan kulit, minyak kemiri juga bermanfaat untuk kutikula kuku sehingga tampilannya akan terlihat lebih sehat dan indah.

Mengurangi Kerutan

Mengutip dari Island Essence, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Banyaknya antioksidan yang terkandung dalam kemiri menyebabkan jenis minyak ini cocok untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Minyak kemiri akan menstimulus produksi kolagen dan membersihkan sel kulit mati sehingga sel kulit baru memiliki ruang yang lebih lapang untuk berkembang. Selain itu, minyak kemiri juga berguna untuk menyamarkan stretch mark akibat kehamilan atau perubahan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

Meredakan Peradangan

Asam lemak dari minyak kemiri mudah terserap di kulit manusia. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan minyak ini dalam proses pemijatan tubuh. Saat terserap, manfaat minyak kemiri efektif mengobati otot dan sendi yang sakit sehingga cocok digunakan untuk penderita artritis.

Pereda Nyeri

Island Essence mengatakan bahwa minyak kemiri juga mampu berperan sebagai analgesik atau pereda nyeri. Bagi Anda yang baru saja menjalani operasi atau kecelakaan, minyak kemiri bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar.

Selanjutnya: Simak 6 manfaat kemiri untuk rambut dan cara membuatnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru