5 Makanan Khas Kendal yang Patut Dicoba

Kamis, 08 September 2022 | 14:46 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Makanan Khas Kendal yang Patut Dicoba

ILUSTRASI. Momoh adalah salah satu makanan khas Kendal.


KONTAN.CO.ID -Semarang. Kendal adalah salah satu kabupaten yang terletak di pesisir Pantai Utara Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Kendal yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah ini. 

Kendal berada tepat di sebelah Barat Kota Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah. Lokasinya pun dilintasi Jalur Pantai Utara Jawa atau Pantura yang merupakan jalan darat penghubung utama Jakarta menuju Surabaya.

Kabupaten Kendal juga memiliki destinasi kuliner menarik. Beberapa makanan khas Kendal memiliki cita rasa khas daerah pesisir. 

Nah, jika Anda singgah di kabupaten ini, tak ada salahnya mencicipi salah satu kuliner Kendal. 

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Sukun yang Jarang Diketahui

Makanan khas Kendal

Sate Bumbon, makanan khas Kendal

Berikut adalah sederet makanan khas Kendal yang bisa Anda coba seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kendal:

1. Sate bumbon

Makanan khas Kendal yang terkenal salah satunya adalah sate bumbon. Sate ini berbeda dengan sate lain di Indonesia yang biasanya dibumbui dengan kecap ataupun sambal kacang.

Sate bumbon dibakar menggunakan bumbu-bumbu rempah, seperti jahe, kemiri, dan bawang putih. Selain itu, terdapat puluhan bahan rempah lainnya yang turut dihaluskan sebagai bumbunya. 

Tak heran jika banyak orang menyebut sate bumbon sebagai makanan yang memiliki rasa rempah yang kuat. Bumbon sendiri dalam bahasa Kendal artinya bumbu. 

Daging yang digunakan di sate bumbon ini adalah daging sapi segar. Sebelum dibakar, daging dicampuri bumbu rempah-rempah. Sate ini memiliki rasa rempah yang kuat dan aromanya pun sangat sedap ketika matang.

Baca Juga: Resep Tim Ikan Tio Ciu ala Hongkong, Makanan Sehat Bercita Rasa Asin Asam Pedas

2. Momoh

Momoh adalah makanan khas Kendal yang cukup otentik. Ini adalah kuliner Kendal yang tepatnya berasal dari Kaliwungu.

Bahan utamanya adalah daging sapi, mulai dari daging hingga jeroan. Momoh memiliki dua macam, yaitu Momoh Goreng dan Momoh Kuah. Momoh Goreng cocok dinikmati dengan soto atau nasi pecel.

Makanan khas Kendal satu ini becita rasa pedas manis. Sedangkan jeroan yang digunakan biasanya seperti babat, iso, limpa, jantung, koyor, kikil, hingga torpedo atau pelir sapi.

Ada juga daging yang ikut dicampurkan agar tercipta aroma jeroan yang menggugah selera.

Baca Juga: Ciri-Ciri Diabetes Pada Pria & Makanan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

3. Mangut lele

Mangut lele adalah makanan khas daerah keraton mataraman. Namun, makanan ini juga bisa ditemui di daerah Semarang dan Kendal dengan versi bumbu yang berbeda dan lebih pedas.

Sesuai dengan namanya, komposisi utamanya adalah lele goreng, yang diberi bumbu mangut. Sensasi khas olahan mangut ikan lele sangat lezat dan juga menggoda.

4. Grubi

Grubi adalah salah satu makanan khas Kendal yang memiliki cita rasa renyah dan manis legit. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang dicampur dengan gula aren. 

Proses pembuatannya pun tidak begitu rumit. Singkong yang telah dibersihkan, dikupas kulitnya, lalu diparut dengan parutan manual. 

Setelah singkong tersebut diparut, hasil parutan dijemur terlebih dahulu agar singkong mudah kering saat digoreng. Barulah singkong digoreng bersama dengan gula aren.

Baca Juga: Kreasi Eksperimen Makanan di SnackVideo

5. Lepet Kendal

Di Kecamatan Weleri, salah satu kecamatan di Kabupaten Kendal ada makanan khas namanya lepet. Lepet adalah penganan berbahan dasar beras ketan dan parutan kelapa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat lepet adalah beras ketan, kelapa muda, dan garam yang dibungkus menggunakan janur atau daun kelapa muda. Namun, cara membuatnya terbilang cukup rumit dan melelahkan.

Berbeda dengan ketupat yang bungkusnya banyak dijual di pasar, bungkus lepet butuh keterampilan khusus untuk membuatnya apik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru