Acara Misa Paus Fransiskus di GBK, Polda Siapkan Kantong Parkir untuk 1.800 Bus

Rabu, 28 Agustus 2024 | 04:38 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Acara Misa Paus Fransiskus di GBK, Polda Siapkan Kantong Parkir untuk 1.800 Bus

ILUSTRASI. Pada 5 September 2024 mendatang, Paus Fransiskus, akan memimpin misa di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. REUTERS/Remo Casilli


PAUS FRANSISKUS - JAKARTA. Pada 5 September 2024 mendatang, Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, akan memimpin misa di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

Melansir Infopublik.id, terkait dengan hal tersebut, Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah kantong parkir untuk menampung kendaraan masyarakat yang diperkirakan mencapai 1.800 bus.

Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan skema lalu lintas, termasuk lokasi parkir, untuk memastikan kelancaran acara misa akbar tersebut.

"Untuk kantong parkir, kami informasikan kepada masyarakat bahwa ada sekitar 1.800 bus yang akan datang ke GBK. Kantong parkirnya akan dibagi di beberapa lokasi, seperti di Kemayoran, Cawang, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)," ujar Karosekali saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2024), seperti dikutip dari Antara.

Karosekali menjelaskan bahwa lokasi parkir tersebut akan tersebar di beberapa wilayah, yakni Kemayoran di Jakarta Pusat, serta Cawang dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. 

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengatasi potensi kepadatan di sekitar lokasi acara.

Baca Juga: Pekerja di Jakarta Diimbau WFH & Hindari GBK Senayan pada 5 September 2024, Ada Apa?

"Kami telah menyiapkan rekayasa-rekayasa lalu lintas. Kami meminta masyarakat pada 5 September untuk semaksimal mungkin mencari rute alternatif lain yang bisa digunakan," tambahnya.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, juga menyatakan bahwa puluhan ribu masyarakat yang akan mengikuti misa akbar di GBK diperkirakan akan mulai berdatangan sekitar pukul 12.00 WIB dengan transportasi yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami juga mempersiapkan titik-titik seperti di Cawang, sisi utara, serta sekitar Cengkareng dan Jakarta Barat. Semua akan disiapkan dengan tambahan armada TransJakarta dan transportasi lainnya," kata Heru.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia akan berlangsung pada 3-6 September 2024, dengan puncak acara misa akbar yang dijadwalkan pada 5 September 2024 petang di GBK. 

Baca Juga: Jadwal Misa Kudus Paus Fransiskus 5 September di Stadion GBK dan Stadion Madya

Pada hari yang sama, juga akan diselenggarakan International Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC), yang akan dihadiri oleh sejumlah kepala negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru