Ada denda Rp 500.000 bagi pelanggar jalur sepeda di DKI Jakarta

Senin, 14 Oktober 2019 | 10:41 WIB Sumber: Kompas.com
Ada denda Rp 500.000 bagi pelanggar jalur sepeda di DKI Jakarta

ILUSTRASI. Pengendara sepeda melintasi jalur sepeda di Jalan Pemuda, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (19/9/2019). Ada denda Rp 500.000 bagi pelanggar jalur sepeda di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Untuk mendukung program pemerintah dalam penurunan angka polusi di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan 17 ruas jalan untuk pengguna sepeda. Untuk sementara ini masih dalam tahap uji coba. Namun, jika nantinya sudah ditetapkan, tentu aturan yang ada akan ditegakkan. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, mengatakan, apabila sudah terpasang rambu lalu di sepanjang jalur itu, maka kendaraan lain seperti mobil atau sepeda motor akan dikenakan tilang sesuai dengan aturan. 

Baca Juga: Densus 88 tangkap satu orang terduga teroris di kota Cirebon, Minggu malam

"Sanksi itu berlaku apabila jalur sepeda sudah permanen dan dipasang rambu. Jalur sepeda akan dilengkapi dengan rambu dan marka, sepanjang rambu dan marka itu mempunyai kekuatan tubuh tetap, maka polisi bisa melakukan tindakan ke pelanggar," ujar Nasir, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Nasir menambahkan, jadi nantinya, para pelanggar akan dikenakan pasal mengenai pelanggaran rambu dan marka pada jalan tersebut. Pasal yang akan dikenakan adalah Pasal 287 ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLAJ) No. 22 Tahun 2009. 

Sebagaimana pengguna jalan lainnya, hak pengguna sepeda juga sudah diatur di dalam UU LLAJ tersebut. Ada beberapa pasal yang mengatur hak pengguna sepeda, antara lain: 
Pasal 25 
Setiap Jalan yang digunakan untuk Lalu Lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan berupa: g. fasilitas untuk sepeda, pejalan kaki, dan penyandang cacat. 

Baca Juga: Keren, dua resor di Bali masuk resor terbaik di dunia versi Conde Nast Traveler

Pasal 45 
Fasilitas pendukung penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan meliputi: 
b. lajur sepeda. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru