Ahok titipkan penyusunan APBD ke "tiga serangkai"

Rabu, 26 Oktober 2016 | 14:31 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok titipkan penyusunan APBD ke


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memercayakan urusan penyusunan serta pembahasan APBD 2017 kepada anak-anak buahnya.

Dengan demikian, pria yang akrab disapa Ahok itu akan merasa lebih tenang meninggalkan Jakarta selama empat bulan atau selama masa kampanye untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Kami kan ada TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah), jadi biar Pak Sekda (Sekretaris Daerah Saefullah) yang ngurus," kata Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/10).

TAPD itu dipimpin oleh Sekda DKI Jakarta Saefullah. Kemudian beranggotakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati. "Tiga serangkai, oke kan," kata Ahok.

Saat ini, pembahasan APBD DKI Jakarta 2017 dalam tahap penyusunan program di dalam kebijakan umum anggaran prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS). Ahok mengaku dapat mengawasi penyusunan anggaran melalui sistem e-budgeting.

Ia juga menyebut, "tiga serangkai" akan selalu melaporkan penyusunan anggaran kepadanya selama cuti kampanye.

"Tapi saya enggak tahu apakah Plt (Pelaksana Tugas) Gubernur boleh diberikan wewenang mengurusi APBD. Kan UUD 45 sama UU Keuangan Daerah itu hak gubernur," kata Ahok.

Selama berkampanye, posisi Ahok akan digantikan oleh pejabat eselon I Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditunjuk Mendagri Tjahjo Kumolo. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru