Alasan Anies merekrut pegawai disabilitas

Rabu, 06 Desember 2017 | 13:46 WIB Sumber: Kompas.com
Alasan Anies merekrut pegawai disabilitas


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki alasan sendiri dalam melakukan rekrutmen pegawai dari kalangan penyandang disabilitas. Dia ingin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi contoh bagi perusahaan agar meniru hal yang sama.

"Kalau Pemprov Jakarta tidak merekrut mereka secara serius, bagaimana mungkin kita mengajak yang lain?" ujar Anies di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Kalideres, Rabu (6/12).

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus menunjukan kepada perusahaan bahwa penyandang disabilitas mampu bekerja seperti warga lain. Rekrutmen penyandang disabilitas sebagai pegawai DKI akan mulai dilakukan tahun 2018.

"Nanti di kantor saya Balai Kota akan ada anak-anak (disabilitas). Kami akan rekrut, kami akan bicara dengan dinas sosial," ujar Anies.

 Meski demikian, belum ada penjelasan teknis mengenai rekrutmen penyandang disabilitas ini. Khususnya terkait jenis pekerjaan dan status kepegawaiannya. Namun pastinya, Pemprov DKI tetap melakukan seleksi terhadap penyandang disabilitas itu.

"Kami bentuk tim kecil melakukan proses seleksi bersama BKD sehingga dengan begitu mereka punya jalur khusus, mekanisme khusus, rekrutmen khusus, sehingga mereka bisa kerja di Pemprov DKI," kata Anies. (Jessi Carina)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Rekrut Pegawai Disabilitas, Anies Ingin Pemprov Jadi Contoh Perusahaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru