CLOSE [X]

Anies Baswedan: Kemajuan Jakarta Tak Ditentukan Statistik, Tapi Kebahagiaan Warga

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:05 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan: Kemajuan Jakarta Tak Ditentukan Statistik, Tapi Kebahagiaan Warga

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa kemajuan Jakarta yang kini genap berusia 495 tahun tidak bisa hanya ditentukan dengan angka dan capaian statistik belaka. Anies menekankan bahwa kemajuan Jakarta juga harus bisa diukur dari kebahagiaan warganya.  

"Menggunakan angka statistik untuk menunjukkan kemajuan itu baik dan penting, tapi memberikan kebahagiaan kepada warga atas kemajuan itu jauh lebih penting," kata Anies dalam pidatonya saat menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT DKI Jakarta di Monas, Rabu (22/6/2022).  

Oleh karena itu, Anies ingin setiap warga dan keluarga di Jakarta merasa bahagia atas kinerja pemerintah provinsi DKI Jakarta.  

"Kalimat yang muncul di tiap keluarga yang harus kita pastikan hadir adalah begini: syukur Alhamdulillah, untung kita tinggal di Jakarta," ujar Anies. 

Baca Juga: 22 Nama Jalan di Jakarta Diubah Menjadi Nama Tokoh Betawi, Ini Penjelasan Anies

"Begitu kalimat itu muncul di keluarga-keluarga di Jakarta, maka kita telah mengerjakan tanggung jawab kita dengan baik," sambungnya.  

Anies pun mengklaim rasa bahagia dan bersyukur yang dihaturkan warga Jakarta itu sudah bisa terlihat. Misalnya selama masa kritis pandemi Covid-19 kemarin, banyak warga yang merasa bersyukur karena tinggal di daerah yang pemerintah daerahnya tanggap.  

Anies lalu berpesan ke seluruh jajarannya untuk terus bekerja keras mewujudkan kebahagiaan seluruh warga Jakarta tanpa perlu terlalu memusingkan angka statistik. 

"Apapun angka statistiknya, bila keluarga-keluarga di Jakarta tidak merasakan kebahagiaan, tidak merasakan perlindungan, tidak merasa kemajuan, maka langkah statistik itu tak bermakna," kata Anies. 

Baca Juga: Kata Sohibul Imam, Kader PKS Cenderung Pilih Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Adapun upacara HUT DKI hari ini diikuti oleh 1.000 peserta dari unsur masyarakat dan perangkat kerja DKI. Pantauan Kompas.com di lokasi acara, persiapan upacara dimulai sejak 07.15 WIB. Satu persatu barisan peserta memasuki lokasi acara mulai dari unsur masyarakat, Abang-None Jakarta, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan juga unsur dari TNI Polri. 

Terlihat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi oleh istrinya Feri Farhati duduk menghadap utara sejajar dengan tugu Monumen Nasional. Selain itu juga terlihat Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen Budiharto dan unsur Forkopimda lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Tegaskan Kemajuan Jakarta Tak Ditentukan Statistik, tapi Kebahagiaan Warga"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru