Anies ingin pertunjukan Lenong Betawi rutin digelar oleh Pemprov DKI Jakart

Sabtu, 14 September 2019 | 06:51 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Anies ingin pertunjukan Lenong Betawi rutin digelar oleh Pemprov DKI Jakart

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin pertunjukan Lenong Betawi rutin digelar oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebab, banyak sanggar lenong di Jakarta.

"Kami berharap nantinya kegiatan ini bisa kita selenggarakan secara rutin. Kalau kita bisa lakukan itu secara rutin, insya Allah kesempatan bagi semua untuk tampil," ujar Anies saat memberikan sambutan dalam acara nonton bareng Lenong Betawi di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/9) malam.

Menurut Anies, pertunjukan Lenong pada malam hari ini pertama kalinya digelar di Balai Kota DKI Jakarta. Karena itulah, dia ingin kebudayaan khas Betawi itu digelar rutin.

Baca Juga: Wow gaji bersih anggota DPRD DKI mencapai Rp 111 juta per bulan, ini rinciannya

Kegiatan kebudayaan seperti pertunjukan lenong, kata Anies, merupakan bagian pembangunan peradaban. Anies ingin kegiatan seni budaya, terutama seni budaya Betawi, tumbuh subur di Jakarta.

"Jadi malam hari ini menjadi babak baru dan kita ingin lakukan ini harapannya nanti rutin. Ada banyak sekali sanggar lenong di Jakarta," kata dia.

Anies mengemukakan, seni budaya tidak boleh hanya dilestarikan, tetapi harus juga dikembangkan. Pelaku seni budaya harus membuat terobosan agar seni budaya sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: Wacana wagub DKI lebih dari satu, Sekda: Probabilitas sih ada aja

"Bila itu kita lakukan, insya Allah kesenian kita, kebudayaan kita, akan selalu relevan dengan zaman-zaman yang ada untuk anak-anak kita," ucap Anies. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Sanggar di Jakarta, Anies Ingin Lenong Rutin Digelar",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru