Anies: Kemenangan melawan pandemi ini sudah di depan mata

Selasa, 20 April 2021 | 14:43 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Kemenangan melawan pandemi ini sudah di depan mata

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus Covid-19 di Jakarta cenderung terus mengalami penurunan. Pada awal Maret, penambahan kasus harian sudah mulai menyentuh sekitar 2.000 kasus per hari.

Memasuki awal April, angka penambahan kasus harian Covid-19 kembali meningkat, tetapi masih di kisaran 1000 orang, yakni 1.337 pada 1 April dan 1.240 pada 2 April.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan menyebut kemenangan melawan pandemi Covid-19 sudah di depan mata. "Kemenangan melawan pandemi ini sudah di depan mata," kata Anies melalui keterangan tertulis, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Soal SIKM, Anies: Harus terintegrasi secara nasional

Namun, dalam dua pekan terakhir kasus aktif Covid-19 meningkat secara fluktuatif. Pada tanggal 5 April terdapat 6.075 kasus aktif dan sempat meningkat 6.884 kasus aktif 19 April 2021.

Karena itu Anies mengingatkan masyarakat agar tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan. "Namun, saya ingatkan, kita belum menang sekarang, jadi mari ambil tanggung jawab untuk bersama mewujudkan kemenangan tersebut dengan disiplin 3M," ujarnya.

Anies juga mengimbau masyarakat untuk beribadah di rumah untuk mencegah risiko terpapar virus. Ia menyebut, masyarakat diimbau untuk beribadah di rumah jika melihat kapasitas tempat ibadah sudah terisi 50 persen.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah melonggarkan aturan pembatasan kapasitas maksimal di rumah ibadah menjadi 50 persen.

"Sehingga, jika melihat rumah ibadah tersebut sudah terisi 50 persen, maka sebaiknya beribadah di rumah untuk mencegah risiko keterpaparan," kata Anies.

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro hingga 3 Mei 2021. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 478 Tahun 2021.

Baca Juga: Anies diminta tuntaskan program rumah DP Rp 0 disisa masa jabatannya

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti juga mengingatkan warga untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia menjelaskan mulai ada peningkatan kasus aktif di Jakarta.

Kendati demikian, Widyastuti mengatakan, ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU bagi pasien Covid-19 masih terkendali. Pada 18 April, ketersediaan tempat tidur isolasi di Jakarta sebanyak 7.087 dan telah terisi 2.961 atau 38 persen.

Sementara untuk tempat tidur ICU, jumlah bed yang tersedia sebanyak 1.056 dan telah terisi untuk 500 pasien atau 47 persen. (Rosiana Haryanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Sebut Kemenangan Melawan Pandem Covid-19 Sudah di Depan Mata"

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru