Anies: Malu kalau mobilnya mewah tapi tak bayar pajak

Minggu, 14 Januari 2018 | 14:46 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Malu kalau mobilnya mewah tapi tak bayar pajak

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


PAJAK . JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau para pemilik mobil mewah yang kedapatan menunggak pajak untuk segera melaksanakan kewajibannya.

Anies menyatakan, seharusnya para pemilik kendaraan mewah tersebut malu karena tidak membayar pajak kendaraan.

"Jadi, saya imbau bagi para pemilik yang belum membayar untuk segera bayar. Malu kalau mobilnya mewah, tetapi tidak bayar pajak," ucap Anies di kegiatan Bakti Sosial Vaksinasi Difteri Anak dan Dewasa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) DKI Jakarta di Wisma Siti Mariam, Paroki Santo Andreas, Kedoya Jakarta Barat, Minggu (14/1).

Anies beserta dinas terkait akan berupaya untuk menagih kewajiban pajak tersebut kepada pemilik kendaraan mewah tersebut.

Namun, ada kesulitan lain untuk proses penagihan ini. Diketahui, ternyata para pemilik sudah berganti, tetapi belum memperbarui data pemilik ke pemerintah.

"Jadi, ada banyak mobil yang sudah dijual, tapi tidak dibalik nama. Para pemilik ini sudah lapor ke BPRD, juga polda, sehingga itu nanti diblok agar tidak bisa menggunakan nama pemilik lama dan menggunakan nama pemilik baru," ucap Anies.

Anies mengungkapkan, selama belum balik nama, pemerintah tahunya mobil tersebut adalah nama pemilik sebelumnya. Proses tagihannya pun akan menuju ke nama lama yang tercantum di dokumen.

"Jadi dari sisi pemerintah transaksi itu belum selesai kalau belum dibalik nama. Jadi pemerintah tahunya pemilik yang sebelumnya," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies mengumumkan banyaknya pemilik kendaraan mewah di DKI Jakarta yang belum membayar pajak. Total tunggakan mobil mewah mulai dari Ferrari, Porsche, hingga Lamborghini ini mencapai Rp 44,9 miliar. (Setyo Adi Nugroho)


Berita ini sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Anies: Malu kalau Mobilnya Mewah, tetapi Tidak Bayar Pajak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru