Anies: Media asing ikut soroti Kali Item karena media lokal

Selasa, 24 Juli 2018 | 22:24 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Anies: Media asing ikut soroti Kali Item karena media lokal

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Terkait pemberitaan media luar negeri yang mengekspos masalah kotornya Kali Item di Jakarta jelang Asian Games, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan justru mempersalahkan media lokal. Ia menyebut media asing mengetahui masalah ini dari publikasi media lokal.

“Tentu, karena diberitakan oleh media nasional. Jadi, media internasional itu hanya mengambil dari media lokal,” kata Anies di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

Selanjutnya Anies menyerahkan segala pemberitaan dan pencitraan Jakarta tergantung dari publikasi di media lokal sendiri. Anies lalu mengatakan bahwa media lokal diberi kebebasan menunjukkan dari sisi mana Jakarta akan perlihatkan kepada dunia.

“Pilihan kita saat ini, ketika Asian Games, teman-teman media punya pilihan, mau angkat sisi apa dari Indonesia. Teman-teman media yang menentukan. Bila teman-teman mengambil sisi suram, maka itulah yang akan diikuti diambil oleh media internasional juga. Bila media lokal ambil sisi cerah, itu pula yang akan diambil. Karena itu kita kerja sama-sama nih. Kita mau tunjukkan sisi mana,” katanya.

Ia mengumpamakan di dalam sebuah rumah yang akan di ambil fotonya, terdapat beberapa ruangan. Bagaimana nantinya yang akan terlihat, adalah tergantung fotografer yang akan mengambil gambarnya.

“Kalau Anda datang ke rumah, Anda bisa ambil foto ruang tengah, Anda bisa ambil foto juga dapur, Anda bisa ambil foto juga kamar mandi. Semuanya adalah rumah kita. Pilihan kita mau ambil yang mana. Sama seperti Asian Games, mari kita tunjukkan Indonesia yang positif, Indonesia yang baik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru