Anies minta warga Jakarta hindari kegiatan buka puasa bersama

Selasa, 13 April 2021 | 10:15 WIB Sumber: Kompas.com
Anies minta warga Jakarta hindari kegiatan buka puasa bersama

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta untuk menghindari kegiatan-kegiatan buka puasa bersama selama Ramadhan.

Begitu juga dengan kegiatan kumpul bersama dengan keluarga yang sudah menjadi tradisi orang Indonesia saat bulan Ramadhan berlangsung.

"Hindari mengadakan buka bersama, kumpul-kumpul keluarga begitu banyak, tanpa ada jaga jarak, apalagi membuka masker hanya karena kebiasaan," kata Anies dalam unggahan video instagramnya, Senin (12/4/2021) malam.

Anies mengatakan, perpanjangan jam buka restoran atau rumah makan bukan diperuntukan menjadi tempat keramaian acara buka puasa bersama.

Baca Juga: Anies targetkan 95% lansia Jakarta divaksin sebelum Idul Fitri

Restoran atau rumah makan diberikan jam operasional lebih lama untuk melayani umat Muslim di Jakarta yang hendak berbuka puasa dan sahur tanpa menimbulkan keramaian.

"Restoran dan rumah makan memang diberi izin untuk buka sedikit lebih panjang, untuk melayani mereka yang berbuka dan bersahur, tapi jangan lalu dimanfaatkan untuk acara-acara buka bersama," kata Anies.

Anies mengingatkan, acara buka puasa bersama, ramai-ramai tanpa jaga jarak akan memberikan potensi risiko penularan bagi diri sendiri dan bagi orang lain.

"Termasuk bagi keluarga di rumah," kata dia. Pemprov DKI Jakarta memberikan pelonggaran terkait jam operasional restoran dan rumah makan selama Ramadhan 2021.

Restoran diizinkan membuka layanan makan di tempat (dine-in) sampai dengan pukul 22.30 WIB, dan diperkenankan buka pukul 02.00-04.30 WIB untuk melayani santap sahur. Selain itu, Pemprov DKI juga memberikan kelonggaran layanan pesan antar dibuka 24 jam.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru